Beranda Keuangan Tips Mengelola Keuangan Dalam Ajaran Konfusius

Tips Mengelola Keuangan Dalam Ajaran Konfusius

183
0
aplikasi bukukas

Aplikasi keuangan BukuKas saat ini menjadi aplikasi nomor satu di Indonesia untuk mengelola keuangan. Baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Tetapi ada sebuah tips dalam mengelola pengeluaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tips ini adalah tips tradisional dari etnis China. Sebagian etnis China yang terlihat di Indonesia selalu mempunyai keuangan yang stabil. Hal ini disebabkan karena mereka masih melakukan tradisi untuk menjalani hidup dan mengatur pengeluaran serta penghasilannya yang disebut dengan konfusius.

1. Ren / Cinta Kasih
Ren mempunyai arti yaitu suatu ajaran yang penuh dengan kasih sayang. Maknanya untuk memberikan dukungan terhadap orang yang paling dicintai untuk menjalani kehidupan sehari – hari, terutama dalam bidang pekerjaannya.

Para etnis China tidak hanya memberikan semangat satu sama lain. Tetapi juga selalu mengingatkan untuk mengelola pengeluaran dengan baik. Selain itu tekan biaya dan kontrol nafsu untuk kebutuhan sekunder. Serta tidak lupa untuk memberi saran supaya menggunakan aplikasi keuangan BukuKas.

Selain itu ada suatu perhitungan khusus dalam mengelola penghasilan. Sisihkan setidaknya 20% sebagai tabungan dalam setiap bulannya.

2. Zhi / Kebijaksanaan
Di dalam budaya China kebijaksanaan daripada seseorang dapat terlihat dari atitute dan cara memandang masa depan. Bahkan harus memperhitungkan dan mempertimbangkan terlebih dahulu atas apa yang akan dilakukan hingga dampak di kemudian hari.

Intinya harus dapat membedakan antara pengeluaran pokok dan hanya untuk memenuhi nafsu semata. Hal yang terpenting yaitu hindari hutang yang menumpuk, khususnya bagi yang memegang credit card.
Oleh karena inilah sebagian besar etnic China sangat percaya dengan ramalan. Sebab menurut kepercayaannya ramalan dapat menjadi suatu pegangan untuk memutuskan suatu tindakan. Tidak mengherankan hampir di setiap Klenteng selalu ada tempat khusus untuk ramalan.

3. Yong / Keberanian
Dalam suatu ajaran Konfusius keberanian menjadi prinsip utama. Keberanian yang dimaksud yaitu berani untuk mengambil suatu keputusan dan tindakan yang didasari oleh kesadaran, khususnya dalam mengelola pengeluaran.
Setiap keputusan harus diputuskan secara matang – matang. Karena akan setiap keputusan pasti akan mempunyai pengaruh besar untuk kehidupan di masa yang akan datang. Selain itu juga harus berani dan siap dalam menanggung resiko.

4. Guanxi / Hubungan
Dalam kehidupan tidak hanya melibatkan interaksi antara satu buah pihak, namun ada 2 buah / lebih. Setiap interaksi pastinya didasari dengan sebuah hubungan. Setiap hubungan yang telah dijalin harus dijaga dengan baik dan tetap melakukan tali silaturahmi, walaupun hal itu hanya sebatas menyapa.

Untuk ajaran Konfusius yang satu ini untuk tidak berpikir 2 kali dalam setiap pengeluaran untuk mempererat hubungan dengan sesama. Hal ini juga dapat membuat kehidupan menjadi lebih berwarna dan menyenangkan.

Itulah makna dari ajaran tentang Konfusius yang dapat dipererat dengan penggunaan aplikasi keuangan BukuKas. Sehingga dapat mengetahui setiap pengeluaran secara detail dan besarnya sisa penghasilan yang dapat ditabung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here