Beranda Kesehatan Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

32
0

Hampir setiap orang mengalami permasalahan munculnya flek hitam pada area wajah. Flek hitam pada kulit terlihat seperti titik noda yang berwarna lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Flek hitam memiliki permukan datar serta tidak menonjol seperti jerawat.

Flek hitam umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berbahaya bagi kesehatan, dan tidak dapat berubah menjadi kanker. Flek hitam atau ephelis juga tidak timbul di kulit yang tidak terpapar sinar matahari. Namun flek hitam membuat penderitanya tidak percaya diri.

Sebelum mencoba mengatasi permasalahan flek hitam, ada baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab flek hitam pada wajah bisa terjadi.

Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Terpapar Sinar Ultraviolet (UV)
Pada umumnya kita memerlukan Sinar Ultraviolet untuk mendapatkan energi dan vitamin secara alami. Namun ada sebagian orang yang tubuhnya tidak begitu kebal dengan sinar matahari atau Ultraviolet dan akirnya menyebabkan flek hitam pada wajah dan lengan. Selain itu flek hitam juga dikarenakan kita terkena sinar matahari secara berlebihan dan mengakibatkan memudarnya kulit pada area tertentu seperti wajah, lengan dan area terbuka lainya.

Hormon
Penyebab flek hitam selanjutnya adalah Horomon. Hormon ternyata dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah. Umumnya akibat pemakain pil kontrasepsi (KB) dan pada saat wanita sedang hamil. Hormon yang berperan disini adalah hormon progesteron, hormon estrogen serta MSH.

Kerusakan Hati
Flek dan bintik-bintik hitam pada kulit wajah bisa juga di sebabkan karena kerusakan hati. Hal ini terjadi karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk menghilangkan racun dari sel.

Mengkonsumsi Banyak Obat-obatan
Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang sekiranya tidak terlalu penting. Karena dengan mengkonsumsi obat-obatan terlalu banyak bukan hanya membahayakan kulit, namun juga membahayakan kesehatan lainya. Obat-obatan yang dapat memicu flek seperti, obat yang mengandung mesantoin, klorpromasine, sitostatik, monosiklin.

Memencet Jerawat
Beberapa orang merasa risih apabila jerawat muncul di area muka. Karena tidak sabar maka sering memencet jerawat supaya cepat hilang. Namun bekas jerawat yang timbul akibat memencet jerwat justru membentuk noda hitam pada wajah Anda.

Kosmetik
Kosmetik juga dapat menimbulkan noda hitam pada wajah. Jika kosmetik tersebut mengandung parfum dan pewarna serta bahan yang dapat memicu fotosensifitas. Dimana fotosesitifitas tersebut terjadi pada kosmetik yang Anda gunakan menjadi sensitif terhadap sinar matahari, sehingga hal ini dapat memicu pigmentasi secara berlebihan pada kulit wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here