Beranda Pendidikan Mengukur Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris

Mengukur Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris

372
0

Mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris terkadang memang dibutuhkan, baik karena keinginan pribadi sebagai evaluasi belajar atau pun karena sebagai salah satu pemunuhan syarat pendidikan dan lainnya. Misalnya ketika Anda mencoba untuk mencari beasiswa sekolah di luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Ibu. Sebagai syarat untuk melaksanakan ujian tesis, dan bisa juga sebagai syarat Anda agar dapat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tes kemampuan bahasa Inggris, Anda juga harus tau ada berapa jenis tes yang diakui secara internasional agar tes yang kamu lakukan tidak menjadi sia-sia. Berikut adalah pembahasannya:

1. IELTS
Singkatan dari International English Language Testing System, IELTS adalah salah satu ujian bahasa Inggris paling bergengsi dan banyak digunakan. Tes ini wajib untuk keperluan imigrasi ke negara-negara pengguna bahasa Inggris.

2. TOEIC
Test of English for International Communication ini secara spesifik digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris sehari-hari untuk lingkungan kerja.

3. TOEFL
Yang satu ini singkatan dari Test of English as a Foreign Language dan sangat mirip dengan IELTS. Akan tetapi, tidak seperti ujian lain, dalam tes satu ini peserta hanya berinteraksi dengan komputer. Skor 90 ke atas sudah dianggap bagus, tetapi persyaratan skor untuk pengajuan visa, syarat masuk universitas, dan sebagainya berbeda tergantung tempatnya.

4. OPI dan OPIc
Oral Proficiency Interview (OPI) mengukur kemampuan bicara, sementara OPIc sama saja, tetapi diberikan via komputer. Skala nilainya dari novice sampai superior.

5. Cambridge
Cambridge Assessment English biasanya diterima di seluruh UK. Hasilnya berupa A1 (beginner) sampai C2 (advanced mastery), sesuai dengan Common European Framework of Reference for Languages.

Itulah beberapa jenis test yang hasilnya kaan diakui secara internasional, untuk mempersiapkan hasil terbaik ada lebih baiknya Anda mempelajari lagi bahasa Inggris dasar sampai dengan menengah ke atas, mulai dari mengingat kembali rumus simple present tense sampai dengan grammar atau mendengarkan percakapan dengan seksama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here