Beranda Kesehatan Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

110
0

Siapa yang tidak kenal dengan ikan bandeng? Ikan bandeng yang sangat populer di kalangan masyarakat ini ternyata sangat kaya dengan gizi dan sangat bagus untuk pertumbuhan sang anak. Biasanya ikan ini bisa dengan mudah kita temui di pasar tradisional atau bahkan biasanya ada juga yang menjajakan dari kampung ke kampung.

Ikan bandeng merupakan salah satu tangkapan laut yang sekarang ini sudah banyak dibudidayakan di tambak-tambak. Dagingnya yang empuk dan berstruktur menjadikan nya banyak disukai hampir semua kalangan. Tidak hanya di warung wateg saja yang menyajikan menu santapan ikan bandeng, namun beberapa restoran juga banyak yang menyediakan aneka olahan dari ikan ini.

Daging yang empuk membuat ikan ini sangat cocok diolah dengan berbagi macam vareaasi seperti di presto, pindang, sop, goreng, bakar dan pepes. Selain memiliki cita rasa yang enak ternyata ikan ini kaya akan kandungan gizi. Berikut ini beberapa manfaat ikan bandeng bagi kesehatan.

Baik Untuk Tumbuh Sang Anak
Bandeng kaya akan kandungan Omega 3, yang mana sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak. Pada ikan bandeng, tekandung omega 3 sebesar 14,2 persen, sementara ikan lainnya seperti sarden hanya mengandung 3,9 persen kemudian untuk ikan salmon (2,6 persen), dan tuna (0,2 persen). Omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi sendiri oelh tubuh manusia.

Tidak diragukan lagi bahwa bandeng memang kaya akan gizi dan protein oleh sebab itu jika kita raji mengkonsumsi bandeng maka dapat membantu pertumbuhan otak dan memperkuat memori bagi anak-anak.

Mencegah Kolesterol
Kandungan asam lemak yang bersifat hipokolesterolemik di dalam ikan bandeng ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol. Serta permasalahan seperti rabun mata dapat dengan mudah disembuhkan dengan mengkonsumsi ikan bandeng ini.

Menurukan Stress Kehamilan
Mengkonsumsi bandeng baik dilakukan saat masa kehamilan. Asam lemak tidak jenuh yang terkandung dalam ikan bandeng, apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu mencegah depresi pada ibu hamil. Sebab stres selama masa kehamilan bisa berdampak buruk hingga menyebabkan keguguran.

Kaya Protein
Selain itu hal yang terpenting yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh kita adalah protein. Ikan bandeng mengandung 20,38 persen protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan anak. Serta ikan bandeng ini memiliki tingkat protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lain pada umumnya.

Mencegah Jantung Koroner
Tingginya kandungan gizi pada bandeng, ternyata mampu mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah ikan bandeng  ini dengan rutin karena jika Anda mengkonsumsi nya dengan rutin dan tidak berlebihan, maka dapat mencegah penyakit kekurangan gizi mikro dan membantu pertumbuhan sistem saraf. Jika Anda menambahkan bandeng ke dalam menu diet bearti itu sudah mencegah risiko hipertensi.

Itulah tadi sedikit informasi tentang manfaat ikan bandeng bagi kesehatan, semoga bisa memberikan kita motivasi agar selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here