Home Tekno Manfaat Google My Business, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Manfaat Google My Business, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

245
0

Dimasa saat ini, bisnis mikro maupun makro perlu memanfaatkan kanal digital untuk mempromosikan produk. Banyak pelaku UMKM melakukan pemasaran digital dengan media yang sederhana seperti WhatsApp dan sosial media pribadinya lainnya.

Akan tetapi hanya segelintir pemilik bisnis UMKM mengandalkan satu kanal yang paling sering diakses orang, yaitu mesin pencari. Menurut Oberlo.com, raksasa mesin pencari Google merupakan website yang paling sering dikunjungi. Mesin pencari Google diakses sebanyak 62,19 milyar kali.

Sehingga, Google My Business memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk mendapatkan lebih besar pelanggan baru.

Manfaat Fasilitas Google Bisnisku

1. Kesempatan tampil di mesin pencari
Dalam Google My Business, pemilik bisnis dapat menampilkan seluruh informasi secara lengkap mengenai bisnisnya di profil. Ibarat toko fisik yang diketahui keberadaannya, toko secara online juga bisa diketahui banyak orang dari berbagai daerah.

Jika Anda sudah memiliki bisnis secara offline, Google My Business bisa menambah kepercayaan calon pelanggan, karena dengan mudah untuk menemukan lokasi toko melalui Google Maps. kredibilitas bisnis sangat penting dalam internet marketing.

2. Layaknya Online Store
Sebelum terjadi transaksi, tentu sudah ada kesepakatan atau terdapat interaksi antara penjual dan pembeli. Dalam Google My Business dilengkapi dengan fitur tanya jawab yang juga bisa sebagai sarana menyampaikan keluhan-keluhan atau kepuasan pelanggan sama seperti dilakukan di toko fisik.

3. Katalog Digital
Dalam toko fisik, untuk memajang sebuah produk membutuhkan rak display atau sejenisnya. Dalam dunia online marketing, pelaku UMKM butuh juga tempat display yang disebut sebagai katalog digital.

4. Review Pelanggan
Diera digital, sebuah review akan mempengaruhi keputusan calon pelanggan baru. Review yang baik merupakan cerminan kualitas produk. Sehingga selain untuk menjaga kualitas produk, bisa sebagai branding toko, juga meningkatkan kemungkinan datangnya pelanggan baru.

5. Sebagai sarana negosiasi online
Pada Google My Business terdapat fitur chat, sehingga calon pelanggan dipermudah untuk langsung mengirim pesan ke penjual tanpa aplikasi chat lainnya. Pemilik bisnis disini dituntut untuk cepat tanggap dalam menanggapi sebuah pesan masuk.

Hal ini sangat penting agar bisa memberikan kesan yang baik bagi calon pelanggan. Namun jika pemilik bisnis atau pelanggan lebih menyukai menggunakan aplikasi chat, Google My Business juga menyematkan kolom kontak untuk memberikan informasi nomor pemilik bisnis.

6. Membuat Website
Google My Business bisa juga sebagai website gratis. Tampilan yang disediakan oleh Google my bussines sudah cukup interaktif dan responsif. Dalam artian nyaman dilihat dari berbagai device, mulai dari desktop maupun smartphone.

Namun karena gratis, fitur yang diberikan tak selengkap jika membuat website sendiri. Untuk fitur yang lengkap, Anda bisa membuat website sendiri. Namun apabila tidak punya kemampuan untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Demikian beberapa manfaat dari Google My Business yang wajib diketahui oleh para UMKM. Semoga dengan adanya informasi ini semakin banyak pelanggan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here