Beranda Kesehatan Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

182
0

Insomnia atau penyakit susah tidur adalah masalah umum yang sering orang alami sekarang ini. Insomnia biasa terjadi karena Masalah emosional seperti stres, cemas, depresi atau pola hidup yang tidak teratur. Akibat dari penyakit insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan anda kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur.

Tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kinerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Selanjutnya jika ada gangguan pada kerja otak, maka secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengatasi insomnia atau penyakit tidur? Sebagian orang jika merasa dirinya kurang tidur, maka mereka mengkonsumsi obat-obatan. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan dengan dalih agar Anda bisa tertidur lelap. Berikut ini beberapa tips cara mengatasi susah tidur atau insomnia.

Tips Sederhana Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Banyak Mengkonsumsi Air Putih
Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, bagi Anda yang sedang mengalami susah tidur mungkin ada kalanya untuk mengkonsumsi air putih secara teratur. Selian itu air putih dapat meregenerasi Otot Dan Sel-Sel Darah. Manfaat mium air putih di pagi hari sangat baik untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.

Berolahraga dan Selalu menjaga Stamina
Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka tubuh kita akan fresh sehat dan bugar. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa olahraga dapat membatu orang yang mengalami permasalahan pada tidur. Jika Anda terlalu sibuk, mungkin Anda bisa berolahraga seperti bersepeda, lomat-lompatan, lari kecil, push up, senam dsb. Sebagiknya olahraga dilakukan pada waktu pagi hari karena pada waktu pagi hari tubuh kita masih segar.

Menjaga Pola Makan
Salah satu penyebab kenapa orang susah tidur karena pola makan yang kurang baik. Dengan menjaga pola makan artinya Anda sudah menjaga kesehatan Anda. Makanlah secara teratur dan selalu diiringi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein. Selian itu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan karena buah-buahan sangat bagus sekai untuk kesehatan.

Kurangi Mengkonsumsi Kopi
Kopi banyak mengandung zat kafein yang katanya agar mata dapat melek. Jika Anda ingin mengkonsumsi kopi sebagiknya konsumsilah pada pagi hari. Selain itu jangan mengkonsumsi banyak obat atau minuman yang bersifat stimulus. Seperti rokok, teh, kopi, alkohol dsb.

Carilah Pola tidur yang Enak
Pola tidur juga sangat mempengaruhi kenapa mata Anda tidak mau tidur? Oleh karena itu cari pola tidur yang nyaman dan rilex bagi Anda. Jangan lupa sebelum tidur untuk selalu berdoa dan menutup mata atau bahkan mematikan lampu agar mata Anda cepat tertidur.

Konsultasikan kepada dokter
Jika Anda merasa bahwa penyakit Anda ini sudah keterlaluan, maka alangkah baiknya agar Anda untuk melakukan konsulatasi kepada dokter atau ahli. Dengan bertemu dengan ahli maka Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here