Home Tekno 5 Game Engine Untuk Kamu Game Developer

5 Game Engine Untuk Kamu Game Developer

176
0
Belajar Coding, Belajar Coding Bahasa Indonesia, Belajar Game Developer

Menjadi game developer memang merupkan hal yang menarik apalagi bagi sebagian gammer. Karena selain mendapatkan uang yang lumayan dari developer game, kita juga dapat mewujudkan imajinasi kita dalam game.

Seiring dengan banyaknya peminat game developer juga banyak lahir game engine yang cukup keren. Kali ini Beritakoe akan membagikan 5 Game Engine Cross Platform yang patut dicoba calon Game Developer mulai dari yang full coding hingga tinggal drag and drop saja.

1. Unreal Engine
Unreal Engine adalah sebuah game engine base 3D buatan epic games sekitar 18 tahun yang lalu. Unreal Engine sendiri juga merupakan game engine cross platform, dimana kita bias membuat game supaya bisa dijalankan ke banyak platform mulai dari Android, iOS, Windows dan juga web browser (HTML5).

Untuk Bahasa pemogramannya Unreal Engine menggunakan Bahasa C++ dan Object Oriented Programming. Untuk Unreal Engine versi 4 kamu bias mencobanya secara gratis, tapi jika sudah sukses unreal akan meminta royalty sebesar 5%.

2. GameSalad
Game Salad adalah Game Engine buatan GameSalad.inc yang fokus pada pengembangan untuk game mobile sejak tahun 2007 di Texas. Untuk saat ini sudah cukup banyak yang menggunkan sekitar 180.000 game. Sama dengan Unreal Engine, GameSalad juga merupakan game engine cross platform untuk iOS, Android dan HTML5. Untuk membuat game menggunakan drag and drop.

3. Construct 2
Construct 2 adalah game engine buatan Scirra. Construct 2 salah satu game engine favorit para game developer yang tidak memiliki skill coding, karna selain mudah digunakan construct 2 juga memiliki banyak sekali tutorial dan template yang up to date.

Construct 2 menggunakan HTML5 yang bisa berjalan dibanyak device diantaranya Android, Windows Phone, Windows dan juga Linux. Untuk mencoba construct 2 kamu bisa mendownloadnya gratis tetapi dengan scene dan fitur terbatas jadi tidak leluasa dalam membuat game. Harga dari Construct 2 adalah Rp1,699,900. Tertarik untuk mencoba?

4. GameMaker: studio
GameMaker adalah Game Engine buatan yoyo games. Sama halnya dengan construct 2 Game Maker: Studio juga menerapkan drag and drop, hanya saja dengan Game Maker: studio kita bisa menambahkan codingan untuk logika tambahan.

Game Maker juga merupakan game engine cross platform jadi kita bisa build game ke banyak platform dari satu project game yang sudah kita buat, diantaranya android, browser, dan Windows. Untuk mencobanya kita dapat mendownloadnya dengan gratis tetapi dengan fitur yang terbatas.

5. Unity 3D
Unity 3D adalah game engine buatan Unity Technology sekitar 10 tahun yang lalu. Pada saat ini versi unity sudah mencapai versi 5.3. Unity bisa dikatakan adalah game engine paling populer untuk kalangan Indie Game developer termasuk di Indonesia.

Sudah banyak deretan game keren yang lahir menggunakan Unity 3D diantaranya Game Dread Out dan Orbiz. Untuk mencoba Unity kamu harus paham Bahasa C#. Unity juga merupakan cross plaform dimana project unity di build ke Mobile, Desktop dan browser.

Dengan unity kita dapat membuat game 3D dan 2D, selain itu fitur keren dari unity adanya asset store dimana di dalam asset store kita dapat dengan gratis , membeli atau bahkan menjual asset game mulai dari sprite sampai game complete. Unity cukup complete dan mudah digunakan terutama untuk kamu yang masih belajar gamedev. Untuk harganya sendiri unity bisa kita dapatkan dengan gratis untuk personal lisence dan untuk professional $75/month.

Jadi itulah 5 Game Engine yang bisa kamu coba terutama untuk kamu yang sedang belajar coding dibidang game developer. Semoga saja bisa menjadi refrensi bagi kamu yang mau terjun ke Game Developer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here