Beranda Gadgets Melihat Perbedaan IGTV dan YouTube

Melihat Perbedaan IGTV dan YouTube

41
0
BERBAGI

[ad_1]

Copyright ©Teen

Oketekno.com – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kehadiran IGTV memang terbilang baru-baru ini, beda dengan layanan media streaming lainnya yang sudah sangat populer seperti Netflix, Vidio, hingga YouTube. Akan tetapi untuk jumlah penggunanya sendiri tidak kalah dibandingkan dengan berbagai layanan media streaming lainnya.

Melalui fitur khusus video di Instagram ini, para pgngguna bisa mengunggah video dengan durasi maksimal 60 menit langsung melalui channel pribadinya. Jadi, para pengguna sudah tidak perlu repot lagi untuk menghubungkan akun IGTV dengan Instagram karena sudah menjadi 1 set.

Simak Juga: Cara Membuat Thumbnail Paling ‘PAS’ Untuk YouTube dan Social Post

Dikarenakan IGTV ini hadir langsung di salah satu layanan media sosial paling populer, maka kesempatan mendapatkan pengguna juga lebih besar. Dengan begitu banyak yang mengungkap kalau layanan ini bakal menjadi pesaing YouTube. Lantas, apa saja yang membedakan diantara kedua layanan tersebut? Langsung saja simak perbedaan lebih lengkapnya disini.

IGTV.jpeg
Copyright ©IGTV
  1. Format Video Vertikal

Yup, salah satu hal yang paling menonjol adalah media streaming IGTV lebih didedikasikan untuk video vertikal sehingga pengguna tidak perlu memutar Smartphone jika ingin melihatnya. Akan tetapi itu serasa kurang nyaman lantaran jarak pandang yang minim. Beda dengan YouTube yang bisa disesuaikan, vertikal maupun horizontal masih tetap berkualitas.

  1. Lebih Mudah Sampaikan Informasi

Dengan formatnya yang vertikal, maka para kreator bisa mengatur frame video dengan ruang yang lebih luas untuk menempatkan informasi yang lebih cocok sehingga pemirsa bisa lebih mudah untuk membacanya. Beda dengan video horizontal YouTube yang malah membuat informasi berupa teks menjadi lebih kecil.

Ketahui Juga: 4 Trik YouTube yang Bisa Bikin Streaming Kalian Makin Seru

  1. Susah Atur Group Shot

Kekurangan dari video vertikal lainnya yakni kreator akan kesusahan untuk menentukan sudut pandang ketika melakukan pengambilan gambar secara kelompok dalam sebuah foto. Dibandingkan dengan horizontal, tentu saja akan jauh lebih sulit.

  1. Mudah Gunakan Efek Bokeh

Menciptakan efek bokeh saat mode vertikal memang lebih mudah, blur di latar belakang akan jadi lebih maksimal. Ketika merekam pada format vertikal, kamera harus diletakkan lebih dekat pada objek sehingga bisa menghasilkan depth of field yang lebih baik untuk menciptakan bokeh maksimal.

  1. Tantangan Tersendiri Untuk Kreator

Hal baru selalu menjadi tantangan menarik bagi para kreator. Jadi wajar saja kalau IGTV sering dijadikan ajang adu kreatif konten.

Bagaimana kalau menurut kalian? Canggih mana nih?

baca juga: 4 Cara YouTube Aman Untuk Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui

[ad_2]

Source link