Beranda Gadgets Baru Sehari Dapat Izin, Facebook Langsung Didepak dari Tiongkok

Baru Sehari Dapat Izin, Facebook Langsung Didepak dari Tiongkok

7
0
BERBAGI

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Hanya berselang satu hari setelah mendapatkan izin untuk membuka anak usaha di Tiongkok, pemerintah langsung menarik pengajuan bisnis Facebook di negara tersebut dan mulai melakukan penyensoran.

Kepada The New York Times, seorang sumber yang tidak disebut namanya mengatakan, Facebook tak lagi mendapatkan izin untuk membuka inkubator startup di Tiongkok. Padahal, hal tersebut sudah direncanakan sebelumnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya Facebook berencana membuka anak perusahaan bernama Facebook Technology yang ada di Hangzhou dengan investasi US$ 30 juta (setara Rp 433 miliar).

Rencananya, di tempat tersebut Facebook dikabarkan akan menjalankan pusat inkubator teknologi yang memberikan investasi dalam jumlah kecil dan memberikan saran pada pelaku bisnis lokal.

Penolakan tiba-tiba atas izin Facebook ini merupakan bentuk ketidaksesuaian antara pemerintah pusat dan lokal.

Sebelumnya, pihak berwenang lokal di Zhejiang yang merupakan markas Alibaba memberikan persetujuan kepada Facebook.

Sayangnya, regulator internet Cyberspace Administration of China yang bermarkas di Beijing tak memberi persetujuan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari tangkapan layar yang diunggah ke media sosial, anak perusahaan Facebook ini terdaftar dan dimiliki sepenuhnya oleh Facebook Hong Kong Limited.

Facebook memang punya sebuah kantor sales di Hong Kong yang tidak tunduk pada aturan dan penyensoran yang berlaku Tiongkok.

“Kami tertarik untuk membangun pusat informasi di Zhejiang untuk mendukung para pengembang dan startup Tiongkok,” kata Facebook dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip The Verge, Jumat (26/7/2018).

[ad_2]

Source link