Beranda Gadgets Ternyata Ini Tujuan Diharuskannya Registrasi Kartu SIM Card

Ternyata Ini Tujuan Diharuskannya Registrasi Kartu SIM Card

11
0
BERBAGI


Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat menegaskan masyarakat selaku pengguna jasa telekomunikasi harus mematuhi ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, tertanggal Tanggal 18 Oktober 2017.

Pasalnya, registrasi kartu SIM Card menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK) sangat membantu pemerintah dalam upaya menekan angka kejahatan dunia maya atau cyber crime.

“Penerapan aturan itu untuk mencegah kejahatan dunia maya,” kata Kepala Diskominfo Kalbar, Anthony Sebastian Runtu, Selasa (17/4/2018).

Baca: Polres Bengkayang Gerebek Pabrik Arak di Bengkayang

Ia menambahkan jika masyarakat lakukan registrasi, otomatis akan mempermudah kerja kepolisian dalam rangka menelusuri oknum pelaku tidak bertanggungjawab di dunia maya.

“Seperti diketahui, berbagai modus kejahatan dunia maya diantaranya penipuan, penyebaran konten negatif dan lainnya,” katanya.

Masyarakat harus mendukung hal ini sebagai bentuk keamanan dan mendukung kerja aparat berwajib.

“Ketika ada yang melakukan kejahatan dunia maya, maka akan segera ditelusuri datanya dan ditindak. Jadi, ini untuk membatasi ruang gerak pelaku,” tandasnya



Source link