Beranda Gadgets Bikin Gaduh, Grup Admin WhatsApp Bisa Dikudeta – VIVA

Bikin Gaduh, Grup Admin WhatsApp Bisa Dikudeta – VIVA

16
0
BERBAGI


VIVA – Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp, tengah menggodok fitur anyar yang bisa menyingkirkan grup admin. Artinya, fitur ini bisa melengserkan grup admin hanya karena, misalnya, berbuat sewenang-wenang, sehingga tidak disenangi anggota grup.

Mengutip situs Independent, Minggu 14 Januari 2018, fitur ini diberi nama ‘Dismiss As Admin’, yang memungkinkan grup admin diganti menjadi anggota grup biasa. Dengan begitu, tidak memiliki keistimewaan lagi sebagai grup admin.

Hanya saja, grup admin bisa dilengserkan oleh sesama grup admin lainnya di grup yang sama, dan bukan oleh anggota. Fitur ini tersedia dalam versi beta WhatsApp for Android, dan kini sedang dikembangkan untuk sistem operasi iOS.

Penasaran, apabila Anda seorang grup admin dalam sebuah kelompok atau grup, maka Anda bisa mengakses fitur ini hanya dengan ‘mengetuk’ Group Info.

Tetapi, fitur ini masih dalam tahap uji coba untuk disempurnakan. Belum lama ini, WhatsApp juga tengah mengujicoba fitur ‘Resticted Group’ yang memungkinkan grup admin membungkam anggotanya di grup tersebut.

Artinya, grup admin WhatsApp dimungkinkan mengubah setting, di mana hanya dirinya yang dapat mengirimkan pesan. Namun, seluruh anggota grup hanya bisa membaca pesan yang dikirimkan grup admin.

Fitur ini memiliki keistimewaan, karena hanya bisa diaktifkan oleh admin grup. Jika sudah aktif, semua anggota non-admin tidak dapat mengirimkan pesan jenis apapun, termasuk gambar, video ataupun berbagi lokasi.



Source link