Home Gadgets Vendor Elektronik Boyong Inovasi ‘Smart Home’ ke Las Vegas

Vendor Elektronik Boyong Inovasi ‘Smart Home’ ke Las Vegas

5
0
SHARE


Jakarta, CNN Indonesia — Gelaran Consumer Electronic Show 2018 di Las Vegas baru usai. Ratusan vendor sibuk unjuk gigi dengan memboyong inovasi terbarunya untuk dipamerkan.

Salah satu inovasi yang menyita perhatian pengunjung adalah teknologi rumah pintar atau smart home. Teknologi rumah pintar yang dikenalkan ini dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Berikut beberapa teknologi smart home yang dikenalkan dalam gelaran CES 2018.

Intel
Perusahaan teknologi ini mengumumkan beberapa produk terbaru yang mengangkat konsep rumah pintar yang terkoneksi. Produk-produk tersebut berkaitan dengan koneksi ‌internet (Wi-Fi), pengeras suara pintar dan asisten pintar berbasis suara.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Intel menyebutkan produk pertama yang menjadi andalan perusahaan yang dipimpin oleh Brian Krzanich tersebut adalah router Wi-Fi dengan nama AC2600. Router yang dibuat bersama McAfee tersebut diklaim dapat membuat proses streaming saat bermain gim atau menonton video menjadi lebih lancar.

Router tersebut didukung oleh produk serupa yang merupakan hasil kerja sama Intel dan ASUS yang diberi nama Blue Cave yang berteknologi cipset WAV500 Series untuk menguatkan sinyal internet Wi-Fi pada beberapa perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Teknologi lain yang diusung Intel adalah pengeras suara pintar yang dikerjakan bersama JD.com dan diberi nama JD DingDong Play. Bersama Amazon yang menjadi produsen asisten pintar Alexa, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1968 tersebut ini menelurkan produk sejenis yang dapat digunakan di komputer.

Samsung
Vendor elektronik asal Korea Selatan ini mengenalkan Samsung Family Hub Fridge. Kulkas ini merupakan versi modern dari kulkas yang memiliki layar.

Dilansir melalui TechRadar, yang membedakan model ini adalah kenyataan bahwa lemari es dapat berfungsi sebagai hub rumah cerdas. Artinya, jika pengguna memiliki berbagai produk rumah cerdas yang berbeda dari sejumlah produsen, kulkas ini akan berfungsi sebagai hub yang menggunakan SmartThings, ekosistem hub Samsung.

Selain itu, lemari es ini memiliki kemampuan untuk memberi tahu isi kulkas hingga saran resep.

LG
Masih dari vendor asal Korea Selatan, LG meluncurkan speaker pintar bernama LG ThinQ. Perangkat ini telah disesuaikan secara khusus dengan kualitas audio yang luar biasa.

Ilustrasi (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Bermitra dengan raksasa hi-fi Meridian Audio, LG telah menciptakan pembicara yang disesuaikan untuk digunakan dengan file audio yang bagus.

JBL

Vendor speaker JBL pun tak mau kalah dan unjuk gigi dalam gelaran CES 2018. JBL mengusung nama JBL Link View dan menyematkan layar dalam perangkat pengeras suara. Perangkat ini akan langsung terhubung dengan Google Assistant.

Produk ini akan menjadi saingan terberat Amazon’s Echo Show. Namun, JBL memang bukan satu-satunya speaker yang memiliki layar. Tetapi, dari sisi desain, produk ini masih diunggulkan oleh TechRadar. (age)



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here