Beranda Sport Arema FC Raih Nilai Tertinggi Proses Lisensi Klub Profesional

Arema FC Raih Nilai Tertinggi Proses Lisensi Klub Profesional

22
0
BERBAGI

[ad_1]

Arema FC kembali mendapatkan pengakuan bahwa mereka adalah klub sepak bola profesional. Tahun ini, klub berlogo singa mengepal ini sukses meraih lisensi klub profesional dari Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) dengan nilai tertinggi untuk kali ketiga berturut-turut.

Kepastian Arema mendapat lisensi ini ditegaskan melalui surat keputusan Club Licensing Committee (CLC) nomor 002/CLC-PSSI/X/2018. Dalam surat yang ditandatangani Ketua CLC, Timmy Setiawan ini, dijelaskan bahwa CLC menerima permohonan lisensi klub profesional dari klub Arema FC dan memberikan lisensi klub profesional kepada klub Arema FC.

Upaya Arema untuk bisa meraih lisensi klub profesional ini tak mudah. Ada total 49 item dari lima aspek verifikasi yang harus dipenuhi. 49 item ini terdiri dari 33 item Grade A, 8 item Grade B, dan 8 item Grade C. Arema FC sendiri mampu memenuhi seluruh item yang disyaratkan tersebut.

Manajemen Arema sendiri mengaku senang dengan keberhasilan mereka mendapat pengakuan sebagai klub profesional. Terlebih lagi, sukses ini datang pada momen sanksi PSSI bagi klub berlogo singa mengepal tersebut, akibat ulah sejumlah suporter mereka.

“Di tengah mendapatkan ujian, kami juga mendapat rahmat lolos lisensi ini,” ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji, pada Bola.net.

“Lisensi klub ini penting bagi Arema FC untuk membangun citra. Manajemen sangat konsen untuk terus meningkatkan performanya, demikian pula harapannya dengan stakeholder lainnya, yakni suporter,” sambungnya.

Menurut Sudarmaji, proses mendapatkan lisensi klub profesional ini tak mudah. Bahkan, dari 49 item ini, ada satu item yang paling sulit dipenuhi, yaitu aspek finansial.

“Selain harus melibatkan auditor eksternal, kami juga harus menyusun rencana keuangan masa depan. Itu harus sustainable,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sudarmaji pun membeber kiat di balik keberhasilan Arema lolos lisensi klub profesional dengan nilai tertinggi selama tiga tahun berturutan. Pria berusia 42 tahun ini menyebut keberhasilan mereka tak lepas dari keinginan semua komponen untuk bekerja sama dalam berbenah.

“Perhatian dari direksi pun sangat besar. Mereka dan kami semua sangat ingin klub ini berproses menjadi profesional dan tidak perlu menunggu segaris dengan prestasi tim,” tandasnya.

[ad_2]

Source link