Beranda Sport Sukses Lalu Zohri Modal Awal Asian Games 2018

Sukses Lalu Zohri Modal Awal Asian Games 2018

12
0
BERBAGI

[ad_1]

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo menyambut baik kemenangan Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri dalam pertandingan nomor 100 meter Kejuaran Dunia Junior di Tampere, Finlandia.

“Bangga anak bangsa menjadi juara. Saya kira tidak saya saja tetapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga,” kata Jokowi di ICE BSD, Kamis (12/7).

Dalam pertandingan yang berlangsung Rabu (11/7) waktu setempat, Zohri tampil gemilang dan menjadi yang tercepat finis dengan catatan waktu 10,18 detik.



Ia mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Lalu Muhammad Zohri meraih medali emas di Kejuaraan Atletik U-20 di Finlandia. (Lehtikuva/Kalle Parkkinen via REUTERS)

Perolehan emas Zohri menjadi sejarah bagi dunia atletik Indonesia dan juga kejuaraan atlet U-20 karena ini menjadi hasil terbaik yang pernah didapat pelari Indonesia.
Catatan waktu atlet muda ini juga hanya berbeda 0,01 detik lebih lambat dari peroleh waktu terbaik pelari Indonesia di nomor 100 meter yang dimiliki Suryo Agung Wibowo.

Jokowi: Sukses Lalu Zohri Modal Awal Asian Games 2018

Oleh sebab itu, Jokowi menilai prestasi Zohri menjadi modal awal bagi Indonesia dalam ajang olahraga internasional Asian Games 2018 bulan depan.

“Itu nanti modal kemenangan seperti ini, kemarin badminton menjadi modal Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Zohri juga menyatakan semakin mantab menyambut Asian Games 2018. Ia mengatakan kemenangan yang diperoleh menjadi pengalaman yang luar biasa bagi dirinya dan kariernya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani juga ikut mengapresiasi prestasi yang diraih Muhammad Zohri di Kejuaraan Dunia Atletik U-20.

“Ini sejarah baru bagi Indonesia sekaligus pertama kali atlet Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20,” kata Puan.

Atas pencapaian ini, Menko PMK berharap prestasi yang diraih Zohri makin memicu semangat para atlet cabang olahraga atletik untuk mencapai prestasi terbaik di Asian Games 2018.

“Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur jelang Asian Games, diantaranya adalah Stadion Madya Gelora Bung Karno yang kini telah siap digunakan untuk cabang atletik. Harapannya, selain sukses infrastruktur, Indonesia bisa mencapai sukses prestasi,” ujar Puan. (bac/nva)

[ad_2]

Source link