Home Sport Lampu Kuning Manchester United Di St James’ Park

Lampu Kuning Manchester United Di St James’ Park

5
0
SHARE


Tim Setan Merah semakin tertinggal jauh di peta persaingan setelah kalah dari Newcastle United pada akhir pekan kemarin.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Perbaikan harus segera dilakukan Manchester United jika ingin menjaga asa finis sebaik mungkin di ajang Liga Primer Inggris musim ini, dan kebangkitan perlu dicanangkan untuk pertandingan ke depan menyusul kekalahan yang mereka terima dari Newcastle United pada Minggu (11/2) kemarin.

Seperti diketahui, United menelan kekalahan tipis 1-0 ketika bertandang ke markas Newcastle di St. James’ Park, selagi hasil tersebut memperpanjang rekor buruk Jose Mourinho saat melawat ke Tyneside. Dari tujuh lawatannya di liga, manajer yang menjuluki dirinya sebagai The Special One itu belum pernah meraih satu pun kemenangan, dengan ia mencatatkan tiga hasil imbang dan empat kekalahan. Lebih buruknya lagi, Mourinho kini telah kalah enam kali dari Rafa Benitez di semua kompetisi, hanya dari Pep Guardiola dia menderita kekalahan lebih banyak sebagai pelatih.

Di pertandingan akhir pekan kemarin, United terpaksa takluk melalui gol tunggal yang dicetak Matt Ritchie di menit ke-65. Sebelum gol tersebut tercipta, United sempat goyah di awal babak pertama karena kesalahan sendiri, sementara sejumlah peluang yang mereka hasilkan tidak mampu dimaksimalkan.

Di laga tersebut, orang-orang mungkin menyalahkan Paul Pogba yang tidak bisa menginspirasi timnya. Gelandang internasional Prancis tersebut memang tampil di bawah performa hingga kemudian diganti, namun yang menjadi permasalahan utama adalah duet Chris Smalling dan Phil Jones di posisi bek sentral.

Smalling berulang kali melakukan kesalahan, yang untung beberapa di antaranya tidak diindahkan wasit, seperti ketika melakukan tekel berbahaya di dalam kotak penalti sampai diving yang tak perlu. Selain itu, ia juga gagal melakukan tekel sukses di pertandingan kemarin, dan itu dibarengi dengan suguhan buruk dari Jones, yang sejatinya sempat tampil mengesankan di awal musim ini.

Duet bek sentral asal Inggris itu juga layak disalahkan ketika timnya kalah 2-0 dari Tottenham Hotspur pada akhir bulan kemarin, dan sudah seharusnya Mourinho tidak lagi menduetkan keduanya sebagai partner di lini belakang. Koresponden Goal UK Kris Voakes bahkan berani mengklaim bahwa United takkan menjuarai liga jika masih mengandalkan duet tersebut.

Adapun alibi Jones yang menyebut United memang layak kalah tentu tidak bisa diterima, karena tim sebesar Setan Merah tidak sepatutnya dijungkalkan tim papan bawah dan ini sudah seharusnya menjadi lampu kuning.

“Saya pikir hasil akhir kemarin mungkin adil. Saya tidak merasa kami pantas memenangkan pertandingan tersebut,” kilah Jones kepada MUTV. “Kami mengawali laga dengan lambat dan ceroboh. Suporter [tuan rumah] lantas merasa antusias, mereka punya momentum.  

“Di babak kedua kami memiliki sejumlah peluang namun kami gagal memaksimalkannya. Kami tidak cukup bagus. Kami mengawali laga dengan sangat lambat dan tidak bisa mendpatkan ritme. Kami harus tampil lebih baik ketimbang itu jika ingin terus bersaing dan harus memperbaiki diri.”

Perbaikan mau tak mau harus segera dilakukan, dan jika itu berarti mencoret Smalling dan Jones, suporter United mungkin tidak ada yang keberatan sebagaimana mereka tidak ingin tim yang dibanggakannya tertinggal semakin jauh dari rival sekota Manchester City, yang kini nyaman di puncak dengan keunggulan 16 poin.

 



Source link