Beranda Sport Para Penggawa Baru Belum Siap Untuk Barcelona

Para Penggawa Baru Belum Siap Untuk Barcelona

16
0
BERBAGI


Para penggawa baru yang Barcelona datangka musim ini, tampak tak siap untuk memberi kontribusi krusial musim ini.


OLEH   BEN HAYWARD  PENYUSUN  AHMAD REZA HIKMATYAR   Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona masih belum terkalahkan di La Liga Spanyol musim ini. Meski begitu tim asuhan Ernesto Valverde tersebut menunjukkan performa yang keluar dari identitas mereka, kala ditahan kacamata oleh Getafe di Camp Nou, Minggu (11/2). Satu performa yang juga menunjukkan ketidaksiapan para penggawa barunya menjadi bintang.

Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Yerry Mina, semuanya tampil dalam bentrok tersebut. Alih-alih jadi pembeda, penampilan yang ditunjukkan menyimpulkan bahwa mereka masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan filosofi Blaugrana.

Coutinho jadi contoh pertama. Dimainkan di posisi winger kiri, kanan, hingga gelandang serang, guna gantikan pos Andres Iniesta, tampak begitu memaksakan untuk bergerak ke dalam serta tak menyatu dengan Lionel Messi. Imbasnya, Barca bermain tak secair biasanya.

Amat nisa dipahami memang. Iniesta dan Messi sudah bermain bersama selama bertahun-tahun, sementara Coutinho butuh waktu untuk beradaptasi dengan gaya permainan Barca. Mungkin itulah alasan Barca memboyongnya pada Januari lalu.

Coutinho sendiri sudah mampu ceploskan gol perdananya untuk Barca dalam duel hadapi Valencia di Copa del Rey, tengah pekan lalu. Valverde pun memberi sanjungan khusus padanya: “Dia bermain dengan baik di beberapa posisi. Dia bisa bermain di posisi nomor 10, di kiri seperti saat membela Liverpool, atau bahkan di kanan layaknya di timnas Brasil. Itulah mengapa kami membelinya, karena karakter versatil-nya bisa membantu kami.”

Itu merupakan bonus. Bagaimanapun, dalam jangka pajang, Coutinho dipandang sebagai suksesor Iniesta dan perannya saat hadapi Getafe adalah sesuatu yang harus dipelajarinya selama berpekan-pekan hingga berbulan-bulan ke depan. Seiring dirinya tak bisa tampil di Liga Champions, dia bisa mengasahnya di La Liga untuk memberi Iniesta waktu istirahat lebih.

Hal itu penting karena harus diakui jika kualitas Iniesta yang makin menua juga makin menurun. Segalanya terlihat kala pemain 33 tahun itu gagal jadi inspirasi pemecah kebuntuan Barca, saat turun gantikan Coutinho dalam duel melawan Getafe.

Ousmane Dembele Barcelona Levante LaLiga

Sementara Dembele didera cedera bertubi usai datang ke Camp Nou musim panas lalu. Belakangan dia sudah pulih dan dalam laga hadapi Getafe, eks Borussia Dortmund itu turun menggantikan Paco Alcacer dengan waktu bermin kurang dari seperempat jam.

Peman berusia 20 tahun itu wajib segera menunjukkan kualitas terbaiknya, seiring kondisi fisiknya yang semakin membaik. Walau begitu, layaknya Coutinho, Dembele harus belajar bagaimana rekan-rekannya melakukan mobilitas di atas lapangan agar bisa menyatu dalam permainan.

“Saya punya keyakinan bahwa Dembele akan memberi perbedaan pada sebagaian musim ini. Dia memilii karakter berbeda dari pemain kebanyakan dan kami punya harapan besar terhadapnya. Dia bisa memberi kami sesuatu, terutama di momen krusial musim ini,” ujar Valverde.

Meski imbang Barca kini masih unggul tujuh poin di puncak klasemen sementara La Liga dari Atletico Madrid, mereka sudah pastikan langkah ke final Copa del Rey kontra Sevilla di final, dan bakal menghadapi Chelsea di babak 16 besar Liga Champions. Jadi Valverde tentu amat berharap Dembele bisa benar-benar bersinar dalam waktu dekat.

Yerry Mina Barcelona Getafe LaLiga

Selain itu jangan lupakan debut bek muda yang diboyong musim dingin ini, Mina, dalam bentrok kontra Getafe. Dia turun selama 90 menit lantaran Gerard Pique dan Thomas Vermaelen cedera, sementara Samuel Umtiti absen karena skorsing.

Pemain internasional Kolombia itu bermain cukup baik ketika membantu serangan bahkan mendapat dua peluang emas. Namun terdapat satu momen di mana dia salah memberika operan, yang menstimulasi serangan berbahaya Getafe.

Para pemain senior Barca tampak jelas terlihat memberikan Mina instruksi dalam berposisi pada pertandingan tersebut. Di luar lapangan, Mina juga tengah berjuang untuk cepat beradaptasi dengan klub baru, liga baru, sepakbola baru, dan negara baru dalam kariernya.

Bagaimanapun ketiga penggawa anyar Barca butuh waktu dan wajib segera beradaptasi. Namun jelas bahwa mereka belum siap untuk membintang dalam waktu dekat. Valverde tentu berharap hal itu berjalan lebih cepat, sebagaimana Los Cules yang semakin dekat dengan targetnya meraih treble winners musim ini.

 



Source link