Beranda Sport Cemerlangnya Fabian Delph, Bukti Pep Guardiola Belajar Dari Kesalahan

Cemerlangnya Fabian Delph, Bukti Pep Guardiola Belajar Dari Kesalahan

28
0
BERBAGI


Berkat polesan Guardiola, kini Delph menjelma sebagai kekuatan baru di bek kiri The Citizens sekaligus menutupi kelemahan tim musim lalu.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Pep Guardiola meyakini dirinya melewatkan sesuatu yang krusial musim lalu, dengan tak memercayai Fabian Delph di posisi bek kiri, ketika Manchester City melewatkan kampanya tanpa gelar.

Musim 2017/18 ini, menjadi titik balik dari kinerja The Citizens, dengan sejauh ini belum pernah tersentuh kekalahan dalam 19 partai Liga Primer Inggris jelang menghadapi Crystal Palace, Minggu (31/12).

Duduk nyaman di pucuk klasemen sementara dengan keunggulan 13 poin atas Chelsea di posisi kedua, City bersiap untuk menatap pemecahan rekor 19 kemenangan beruntun yang pernah dibukukan Guardiola saat membesut Bayern Munich musim 2013/14.

Pencapaian musim ini jelas berbanding terbalik dengan musim debut Guardiola di Inggris, yang hanya sekadar mengamankan tiket Liga Champions serta tersisih dalam persaingan di berbagai ajang lainnya.

Pep Guardiola: Manchester City Sebanding Dengan Barcelona & Bayern Munich

Kebangkitan performa City musim ini jelas dipengaruhi dengan aktivitas belanja besar senilai £200 juta pada awal kampanye dengan mendatangkan sejumlah pemain berkualitas seperti kiper Ederson hingga bek kanan Kyle Walker.

Benjamin Mendy didatangkan guna menutup kelemahan pos bek kiri. Akan tetapi cedera sang penggawa anyar memaksa Guardiola memutar otak dan akhirnya percobaan memainkan Delph, yang awalnya seorang gelandang, sebagai bek kiri membuahkan hasil manis.

Delph, bersama dengan Nicolas Otamendi dan Raheem Sterling, adalah beberapa pemain yang menunjukkan peningkatan kualitas di bawah polesan sang manajer asal Spanyol ketimbang musim 2016/17 kemarin.

“Sekarang ketika saya berbicara dengan staf saya katakan, pada akhirnya, kami bermain dengan sembilan pemain musim lalu. Jadi kami melakukan sesuatu yang buruk musim lalu. Kami kehilangan sesuatu,” ujar Guardiola.

“Kami tidak mengubah tujuh atau delapan pemain. Saya pikir para pemain baru membawa energi baru, dengan cara mereka sendiri di ruang ganti. Para pemain baru selalu membantu tim.”

“Musim lalu, contohnya, saya tak pernah menyangka akan memainkan Delph di posisi bek sayap,” lanjutnya, sembari menanggapi pujian soal munculnya kekuatan Delph.

“‘Oh, brilian Pep, begitu penuh talenta…’ Mengapa saya tidak melakukan itu musim lalu.”

Artikel dilanjutkan di bawah ini

“Terkadang Anda membutuhkan waktu untuk bisa melihat banyak hal. Sekarang Mendy tidak berada di sini. Fabian yang ada, ia tersedia, ia pandai, ia merupakan seorang pemain tengah.”

“Ia memberi kami karakter. Ia merupakan sosok pepimpin sebenarnya di duang ganti, Fabian Delph. Itulah mengapa saya selalu memberikan kredit atas apa yang dilakukan para pemain.”

 



Source link