Beranda Health Kementerian Kesehatan Siapkan 6000 Paket Pengobatan Gratis Untuk Pasien Hepatitis

Kementerian Kesehatan Siapkan 6000 Paket Pengobatan Gratis Untuk Pasien Hepatitis

25
0
BERBAGI


Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Persaudaraan Korban NAPZA Indonesia (PKNI) bersama Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Subdit Hepatitis dan Infeksi Saluran Pencernaan mengadakaan wrokshop tentang hepatitis C.

Staf Media PKNI Edo menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk meningkankan kesadaran masyarakat tentang hepatitis C.

Dengan menggandeng media diharapkan informasi mengenai hepatitis C bisa tersampaikan.

“Di masyarakat luas hepatitis C merupakan penyakit yang kita tidak bisa diteksi dini, karena untuk mengetahui ada hepatitis C kita harus memeriksakannya, Jadi kita perlu tau faktor resikonya apa, misalkannya kita pernah menggunakan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) suntik, cuci darah atau kita pernah berhubungan intim tidak aman sangat dianjurkan untuk tes hepatitis C,”katanya.

Edo menambahkan bahwa pemerintah melalui Kementrian Kesehatan pada Subdit Hepatitis membuat program 6000 paket pengobatan gratis untuk hepatitis C.

“Namu program itu terserap maksimal, dengan adanya ini kita harapkan masyarakat bisa tau bahwa ada program 6000 paket pengobatan gratis di nasional,” katanya

Namun saat ini baru enam provinsi yang diprioritaskan.

“6000 itu secara nasional, di enam provinsi yaitu Jakarta Jawa timur, jawabarat jawatengah, sulawesi selatan dan sumatera utara, masyarakat bisa mendapatkannya di rumahsakit milik daerah, seperti di Kota Bogor tersedia di RSUD Kota Bogor,” katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Hepatitis Subdit Hepatitis dan Infeksi Saluran Pencernaan pada Kemenkes RI, Dr Regina T Sidjabat mengatakan bahwa hepatitis C bisa dibilang penyakit yang terlupakan dibanding hiv dan malaria yang memiliki anggaran yang terdanai.



Source link