Beranda Health Mengenali Milia di Kulit dan Cara Mengatasinya dengan Cara Alami

Mengenali Milia di Kulit dan Cara Mengatasinya dengan Cara Alami

9
0
BERBAGI

[ad_1]

TEMPO.CO, Jakarta – Benjolan berwarna putih yang biasanya terdapat pada kulit leher, di bawah mata, punggung dan lainnya disebut milia, yang merupakan bentuk jamak dari milium. Milia pada dasarnya kista keratin yang mengandung zat berair di dalamnya.

Baca juga: 2 Kunci Utama Agar Kulit Wajah Sehat dan Cantik

Menurut ahli dermatologi, milia umumnya muncul karena adanya sel kulit mati yang terjebak. Remaja dan orang dewasa dapat mengalami milia karena banyaknya jumlah pori-pori yang tersumbat sel-sel kulit yang mati. Selain itu, milia juga dapat muncul karena alergi kulit, perawatan laser, herpes, dan luka pada kulit.

Cara menyingkirkannya tidaklah mudah, karena milia cukup sulit diobati. Namun, Anda dapat mencoba beberapa cara alami berikut ini seperti dikutip dari Bolddsky.

#1. Madu dan minyak jojoba
Masker wajah yang mengandung madu dan minyak jojoba dapat bermanfaat untuk menyingkirkan milia. Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok madu dan tiga sendok minyak jojoba. Campur keduanya dan aplikasikan pada area yang terdapat milia. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat kuku. Perawatan milia dengan masker ini dapat dilakukan dua kali sehari.

#2. Scrub gula dan lemon
Scrub gula dan lemon dapat mengobati milia pada tahap awal. Campurkan dua sendok gula pasir, dua sendok perasan lemon, dan satu sendok minyak zaitun. Aplikasikan scrub pada area yang terdapat milia dengan sesekali memijatnya. Setelah itu, dapat dibilas dengan air dingin.

#3. Campuran kayu cendana dan air mawar
Kedua bahan ini kayu cendana dan air mawar sangat baik untuk kulit. Campurkan dua sendok bubuk kayu cendana dan air mawar, sampai menjadi pasta halus. Oleskan pasta pada area yang terdapat milia, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air biasa dan keringkan. Perawatan dengan kayu cendana dan air mawar ini dapat dilakukan setiap malam untuk dapat menyingkirkan milia.

#4. Teh hijau dan lidah buaya
Kaya akan anti-inflamasi dan antioksidan dalam teh hijau dan lidah buaya dapat mengatasi kulit yang bermasalah dengan milia. Campurkan dua sendok gel lidah buaya ke dalam secangkir teh hijau menjadi pasta, lalu oleskan pada kulit. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

#5. Perasan kentang
Tidak hanya untuk mencerahkan kulit, perasan kentang juga dapat digunakan untuk mengatasi milia secara instan, karena kaya akan pati. Bagi dua kentang lalu parut dan peras. Oleskan perasan kentang pada area yang terdapat milia, tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air.

#6. Tea tree oil
Tea tree oil mengandung anti bakteri dan anti jamur, sehingga dapat mengatasi milia dengan mudah. Tidak hanya itu, tea tree oil juga dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit. Cairkan dua sendok tea tree oil dan oleskan pada milia. Biarkan kulit menyerapnya lalu bilas dengan air dingin.

#7. Castor oil
Castor oil memiliki fungsi untuk mengontrol kelebihan produksi minyak pada kulit, sehingga dapat mencegah munculnya milia. Campurkan castor oil dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama. Lalu oleskan pada wajah sambil dipijat, dan diamkan selama 30 menit. Kamu juga dapat mengoleskannya pada wajah dan diamkan semalaman. Keesokan paginya bilas dengan air dingin. 

[ad_2]

Source link