Beranda Health Pasta Gigi Dijadikan Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?

Pasta Gigi Dijadikan Alat Tes Kehamilan, Akuratkah?

27
0
BERBAGI


Liputan6.com, Jakarta Untuk dapat mendeteksi kehamilan, umumnya sebagian wanita menggunakan alat tes kehamilan (test pack). Namun, seiring inovasi yang berkembang, banyak orang mencari cara alternatif untuk mengecek kehamilan, misalnya dengan pasta gigi.

Mengutip situs Independent, Rabu (4/10/2017), beberapa video tutorial mengenai pemeriksaan kehamilan dengan pasta gigi menunjukkan bahwa pasta gigi dapat memberikan hasil pemeriksaan dalam waktu tiga menit.

Hasil pemeriksaan ditentukan dengan melihat perubahan tekstur dan warna yang terjadi pada pasta gigi sebagai reaksi terhadap HCG, yaitu hormon peptida yang diproduksi pada masa kehamilan.

Meski cara kerja pasta gigi sama dengan alat tes kehamilan, yaitu dengan melihat kadar HCG, tapi konsultan ginekologi mengatakan bahwa teori ini tidak masuk akal.

“Tidak ada dasar ilmiah untuk mendeteksi kehamilan dengan mencampur urine dengan pasta gigi,” kata Dr. Alex Eskander.

Dia menjelaskan alat tes kehamilan modern akan mendeteksi apakah urine mengandung hormon chorionic gonadotropin (HCG) atau tidak.

“Beberapa tes kehamilan sensitif bisa memberi hasil positif sejak 12 hari setelah pembuahan,” lanjutnya.

Dia mengatakan, jika Anda ingin menguji kehamilan, idealnya lakukan pada waktu antara tiga hingga lima hari setelah terlambat haid dengan alat tes kehamilan, bukan pasta gigi.

 

Saksikan video menarik berikut:

 



Source link