Beranda Health Mimisan Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Mimisan Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

15
0
BERBAGI

[ad_1]



Vemale.com – Saat tengah hamil atau mengandung, akan ada sejumlah perubahan fisik yang dialami seorang wanita. Tapi bagaimana dengan mimisan? Apakah mimisan saat hamil itu hal yang wajar atau malah berbahaya?

Seperti yang dikutip dari boldsky.com, mimisan saat hamil secara umum tidak akan membahayakan janin dalam kandungan. Tapi sangat disarankan untuk segera mencari tahu penyebabnya. Pada ibu hamil, mimisan bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tekanan di Pembuluh Darah
Saat seorang wanita hamil, pembuluh darah di hidung bisa terkena dampaknya. Pembuluh darah di hidung bisa melebar saat hamil. Sehingga mengakibatkan suplai darah ikut meningkat. Hal ini kemudian membuat pembuluh darah mendapat tekanan berlebihan yang bisa membuatnya pecah dan menyebabkan mimisan.

2. Hidung Kering
Pilek, infeksi sinus, alergi, dan perubahan cuaca bisa membuat hidung kering dan menyebabkan mimisan. Berada di ruangan ber-AC terlalu lama juga bisa bikin hidung kering dan meningkatkan risiko mimisan.

3. Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi
Orang yang mengidap diabetes dan punya tekanan darah tinggi rentan mengalami mimisan. Apalagi untuk ibu hamil, risiko mimisan dengan kondisi tersebut bisa makin tinggi.

Untuk mengatasi mimisan, ada beberapa upaya pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Seperti mengompres hidung dengan ice pack atau mengubah postur tubuh dengan posisi duduk yang nyaman dan sedikit membungkuk ke depan agar bisa tetap bernapas dengan nyaman. Tapi yang paling aman adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan dan penanganan yang tepat.

(vem/nda)


[ad_2]

Source link