Beranda Health Teh Hijau Berkhasiat Bantu Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Teh Hijau Berkhasiat Bantu Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

16
0
BERBAGI

[ad_1]

JawaPos.com – Hidangan yang nikmat saat hari Raya, terkadang membuat orang lupa akan rencana diet yang sudah dijalani. Tentu banyak cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan olahraga dan konsumsi teh hijau non gula setiap hari.

Dilansir dari Women’s health, Senin (18/6), mengkonsumsi teh hijau secara rutin tiap harinya ternyata mampu menurunkan berat badan secara perlahan. Menurut Melissa Majumdar, R.D., seorang ahli diet mengatakan penurunan berat badan karena teh hijau akan berpengaruh pada metabolisme. Khususnya karena kandungan katekinnya (sejenis antioksidan, juga dikenal sebagai EGCG) dan kafein.

“Kafein dan teh hijau gabungan menunjukkan peningkatan oksidasi lemak. Itu berarti meningkatkan energi atau metabolisme yaitu jumlah kalori yang Anda bakar,” kata Majumdar.

Satu studi kecil 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menemukan bahwa minuman teh hijau yang cocok dapat meningkatkan oksidasi lemak.  Bahkan, meta-analisis di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Cochrane Review ditemukan kalau teh hijau menyebabkan penurunan berat badan yang cukup siginifikan secara statistik pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Pada dasarnya, kedua studi ini mengatakan minuman teh hijau mungkin membantu Anda menurunkan sedikit berat badan. Sedangkan, waktu terbaik mengonsumsi teh hijau yakni tidak lebih dari enam bulan. Jika tidak, teh akan kehilangan kandungan antioksidannya.

Selain itu, perlu juga diperhatikan asupan kafein. Secangkir teh hijau memiliki sekitar 25 miligram kafein. Namun, FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kafein per hari.

Sehingga, jika ingin minuman sehat yang bisa menurunkan berat badan, maka teh hijau bisa menjadi alternatif. Tentu diimbangi dengan olahraga yang teratur.

(fid/JPC)

[ad_2]

Source link