Beranda Health Yuk Rutin Makan Ketimun, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan | Kabar News

Yuk Rutin Makan Ketimun, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan | Kabar News

8
0
BERBAGI


Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS – Ketimun merupakan buah sehat yang memiliki sederet manfaat luar biasa. Sejumlah nutrisi terdapat pada ketimun seperti senyawa tumbuhan dan antioksidan yang membantu dalam mengobati dan mencegah beberapa penyakit.

Selain itu, kandungan sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat, dua gram protein, dua gram serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan bisa didapatkan dari ketimun.

Melansir dari laman Bold Sky, berikut ini sederet manfaat luar biasa dari ketimun bagi kesehatan, simak penjelasannya!

Kesehatan otak

Ketimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan konektivitas neuron anda.

Mengurangi stres

Ketimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin B7 juga dikenal sebagai biotin. Vitamin ini sangat efektif menenangkan sistem saraf.

Membantu menjaga berat badan 

Ini adalah fakta bahwa ketimun dapat menurunkan berat badan Anda. Ketimun telah menjadi buah untuk membantu program diet seseorang, namun bukan berarti hanya memakan ketimun saja bisa menurunkan berat badan ya.

Berisi sifat anti inflamasi alami

Ketimun mengandung sekitar 96 persen air yang membuat tubuh Anda terhidrasi dan meningkatkan sejumlah besar proses internal. Jus ketimun juga bagus untuk mengurangi rasa sakit dan infeksi.

Baik untuk pencernaan

Ketimun sangat baik untuk sistem pencernaan karena kaya akan serat larut dan air. Sehingga dengan konsumsi ketimun secara rutin akan membantu mencegah gangguan pencernaan. 

Baik untuk jantung

Ketimun mengandung kadar potasium yang tinggi, yang sangat bagus dalam mengatur tekanan darah. Selain itu, mentimun mengandung serat yang dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan jantung.

Mengandung antioksidan

Antioksidan memblokir oksidasi yang menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis. Buah-buahan dan sayuran yang termasuk mentimun terutama dikemas dengan antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit ini.

 



Source link