Beranda Health 9 Alasan Kenapa Seseorang Menenggak Miras

9 Alasan Kenapa Seseorang Menenggak Miras

9
0
BERBAGI


Kriminologi.id – Sejumlah alasan yang melatarbelakangi seseorang mengonsumsi alkohol atau minuman keras. Namun, persoalan sosial kerap menjadi faktor utama seseorang mengonsumsi miras dibandingkan faktor lainnya.

Selama seminggu, media pemberitaan ramai membicarakan tentang minuman keras (miras) oplosan. Sebab miras oplosan ini telah mengakibatkan sekurangnya 28 orang korban tewas akibat menenggak minuman tersebut.

Walaupun kerap disosialisasikan akan bahaya konsumsi miras atau minuman beralkohol namun rupanya hal tersebut tidak dapat menghindarkan masyarakat dari kegemaran meminum minuman tersebut.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sebenarnya telah membatasi tempat-tempat yang menjual minuman-minuman beralkohol. Menteri perdagangan dalam mengatur distribusi dan perdagangan minuman beralkohol dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Perdagangan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Mengacu pada peraturan tersebut, minuman dengan kandungan alkohol lebih dari 5 persen hanya boleh di jual di daerah tertentu seperti kawasan wisata yang telah ditentukan oleh Peraturan Daerah setempat.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengkonsumsi minuman-minuman beralkohol. Salah satunya adalah persoalan sosial, seperti yang disebutkan dalam buku yang berjudul The Social Context of Alchohol Use in Australia ada beberapa hal seperti keadaan sosial, partisipasi secara kultural budaya, ketaatan beragama, dan subkultur kelompok peer yang mempengaruhi seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol.

Buku yang diterbitkan oleh Australia’s National Research Centre on AOD Workforce Developmennt (NCTA) lebih jelas menyebutkan beberapa alasan yang mendorong individu meminum minuman beralkohol yaitu sebagai berikut;

1. Relaksasi

Minuman beralkohol mengandung zat sedatif yang memiliki pengaruh terhadap sistema saraf manusia. Zat sedatif ini dapat memberikan ketenangan dan mengurangi rasa sakit. Dalam dunia medis zat sedatif jenis tertentu juga digunakan sebagai bahan dasar anestesi. Setiap orang yang meminum minuman beralkohol biasanya bertujuan untuk mendapatkan efek relaksasi dari minuman tersebut.

2. Mengubah Mood

Seseorang meminum minuman beralkohol karena adanya dorongan dan keinginan untuk mengubah mood yang sedang dirasakannya. Mereka ingin merasakan mood yang lebih baik dibandingkan yang dirasakannya sebelum meminum minuman beralkohol. Beberapa jenis minuman beralkohol diyakini dapat memberikan perasaan senang yang meluap-luap sehingga mood buruk yang sebelumnya dirasakan hilang.

3. Meningkatkan Kreativitas

Beberapa individu yang bekerja di bidang kreatif merasa bahwa dengan meminum minuman beralkohol dapat meningkatkan kreativitasnya dalam berkarya. Alkohol bekerja dan mempengaruhi sistem memori manusia. Kekuatan otak adalah mempertahankan pikiran apa yang kita inginkan di dalam pikiran dan apa yang tidak diharapkan.

Alkohol akan berpengaruh dalam menurunkan kemampuan individu untuk fokus pada satu hal dan menghiraukan yang lainnya. Inilah yang kemudian sangat mempengaruhi kreativitas. Setelah meminum minuman alkohol, seseorang tidak akan berpaku pada satu hal saja dan pikirannya akan terbuka pada hal-hal lain yang selama ini tidak diinginkannya.

4. Ingin Mabuk

Beberapa orang yahng mengkonsumsi alkohol bertujuan untuk mabuk. Tidak ada tujuan lain selain untuk merasakan sensasi mabuk itu sendiri.

5. Kecanduan Minuman Alkohol

Salah satu alasan lain mengapa orang mengkonsumsi alkohol karena sudah kecanduan alkohol. Orang yang mengalami kecanduan terhadap alkohol tidak dapat berhenti dengan mudah, dibutuhkan terapi dan perawatan medis maupun psikologis agar bisa lepas dari kecanduan.

6. Kebiasaan

Alasan beberapa orang mengkonsumsi minuman alkohol karena faktor kebiasaan. Beberapa diantaranya merasa tidak dapat tidur nyenyak jika belum meminum minuman beralkohol. Selain itu, di Eropa juga berkembang kebiasaan meminum segelas minuman beralkohol berjenis Wine setiap hari.

7. Menghilangkan Kebosanan

Kebosanan menjadi salah satu alasan orang mengkonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol dijadikan salah satu solusi untuk menghapuskan rasa bosan yang sedang dirasakan. Umumnya seseorang menghilangkan rasa bosan dengan menonton film, pergi tamasya ataupun berlibur. Akan tetapi kegiatan-kegiatan tersebut butuh waktu, sedangkan meminum minuman beralkohol dapat dilakukan saat itu juga.

8. Alat Sosialisasi

Seringkali dalam proses sosialisasi, minuman beralkohol memiliki peranan penting. Setelah meminum minuman beralkohol biasanya proses sosialisasi menjadi lancar dan situasi menjadi lebih cair. Seringkali untuk dapat diterima oleh kelompok masyarakat tertentu, seseorang dapat menggunakan minuman beralkohol sebagai social lubricant untuk mempermudah masuk dalam kelompok tersebut.

9. Meringankan Beban Pikiran

Minuman beralkohol dianggap dapat meringankan beban pikiran yang sedang dialami. Walaupun untuk sementara, efek meminum minuman beralkohol dapat melupakan beban pikiran dan permasalahan yang tengah dihadapi. Inilah kemudian yang mendorong seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol.

Alasan yang menyebabkan seseorang mengkonsumsi alkohol tersebut disimpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh NCTA di Australia pada tahun 2005 hingga tahun 2007.&nbspDP

Baca Selengkapnya



Source link