Beranda Health Ini Sebabnya Wanita Selalu Mengeluh Nyeri Haid Setiap Bulan : Okezone Lifestyle

Ini Sebabnya Wanita Selalu Mengeluh Nyeri Haid Setiap Bulan : Okezone Lifestyle

25
0
BERBAGI




MENJELANG datang bulan, beberapa wanita selalu mengeluhkan nyeri haid yang berlebihan. Hal itu membuat dirinya tidak nyaman beraktivitas.

Biasanya nyeri haid disebabkan karena pengaruh produksi hormon berlebihan, juga gangguan hormon estrogen di tubuh wanita. Sayang, banyak sekali wanita tidak paham dengan hal itu.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Botefilia Budiman, SpOG KFER menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab nyeri haid tersebut. Wanita harus peka untuk melakukan pencegahan yang bermanfaat.

Dia mengatakan, saat menstruasi zat prostaglandin dalam tubuh diproduksi meningkat. Hal itu memengaruhi hormon estrogen, sehinga membuat wanita mengeluhkan nyeri saat datang bulan.

“Terlebih, otot serviks juga lebih kuat kontraksi saat mengeluarkan darah menstruasi. Beberapa wanita sensitif dan mengeluh nyeri,” terangnya saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Namun, menurut dr Botefilia, wanita yang sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga justru terhindar dari nyeri haid. Karenanya, Anda disarankan untuk melakukan kegiatan itu setiap hari.

Sayangnya, kaum hawa yang sibuk selalu beralasan tidak punya waktu untuk olahraga. Sebenarnya, jalan kaki 30 menit saja sudah membantu menyempurnakan metabolisme.

“Wanita yang sering olahraga biasanya tidak pernah mengeluh nyeri haid. Metabolismenya normal dan aliran darah lancar,” tambahnya.

Anda juga harus membedakan antara nyeri haid biasa dan tanda-tanda penyakit gangguan serviks dengan nyeri di area sama. Wanita rentan mengalaminya di saat menstruasi dan rasanya begitu menyakitkan.

Dari gejala nyeri haid, dr Botefilia mengingatkan kepada setiap wanita agar berhati-hati bila mengalami gangguan itu yang berlebihan. Bila merasakan nyeri haid terus-menerus, harus konsultasi dengan dokter.

Terlepas dari itu, wanita bisa juga mencegah risiko nyeri haid. Anda harus melakukannya setiap hari dengan cara berikut yang dirangkum Okezone.

1. Saat menjelang haid, kurangi kebiasaan makan junk food dan makanan instan. Sebab, makanan tersebut tinggi lemak yang sulit dicerna pencernaan dan mengakibatkan penyerapan aliran darah tidak baik.

2. Olahraga singkat minimal 30 menit sehari juga mencegah nyeri haid. Misalnya, Anda bisa jalan kaki, zumba, aerobik, jogging, bersepeda dan masih banyak lainnya.

3. Perbanyaklah makan sayur dan buah saat menjelang menstruasi. Anda butuh asupan antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan metabolisme dengan baik.

4. Minum banyak air putih supaya tubuh tetap fit. Kalau Anda sering melakukan kebiasaan itu, badan jadi lebih bugar dan bebas nyeri. Selain itu, kesehatan ginjal jadi terjaga dengan baik, yang membuat Anda jadi bebas nyeri.

5. Kelola stres penting dilakukan oleh setiap wanita. Tidak hanya saat menjelang menstruasi, setiap saat Anda harus mencegah risiko stres yang bisa mengacaukan suasana hati.

(hel)



Source link