Beranda Health Bersepeda Jadi Awet Muda – MerahPutih

Bersepeda Jadi Awet Muda – MerahPutih

11
0
BERBAGI


KEGIATAN luar ruangan bersepeda ternyata memberikan berbagai manfaat positif bagi pesepedanya. Bukan hanya kebugaran tubuh saja yang di dapat namun juga manfaat lainnya.

Terdapat penelitian yang dimuat dalam jurnal Aging Cell yang menyebutkan bahwa kegiatan bersepeda membuat orang awet muda dan memulihkan kembali sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti mengadakan tes untuk 125 responden yang merupakan pesepeda amatr berumur antara 55 sampai 79 tahun. Kemudian para responden itu dibandingkan dengan partisipan lainnya yang berasal dari berbagai tingkatan umur dan tidak secara runtin berolahraga.

Peneliti menemukan bahwa pesepeda itu memiliki massa otot yang bagus dan kuat. Kemudian mereka juga memiliki jumlah yang stabil pada lemak dan kolesterol. Pada pesepeda pria kadar testosteronnya pun tinggi.

Mengejutkannya bukan hanya bersepeda dapat memblok penuaan dini, juga dapat berakibat positif bagi imun. Pesepeda pria menggowes sepedanya sekitar 100 KM di bawah waktu 6,5 jam dan perempuan 60 KM di bawah 5,5 jam. Sedangkan grup pembandingnya adalah 75 orang yang sehat dengan umur 57 sampai 80 tahun dan 55 orang berumur 20 hingga 36 tahun.

(Foto: pixabay/fietzfotos)

Organ bernama thymus yang tertelak pada vetebrata, biasanya memproduksi sel imun yang disebut sel T biasanya akan mengecil ketika seseorang berumur 20-an tahun. Namun pada pesepeda yang sudah berumur malahan mampu memproduksi sel T lebih banyak ketimbang mereka yang berusia lebih muda.

Profesor Janet Lord, direktur Institute of Inflammation and Ageing di University of Birmingham, mengatakan bahwa jaman dahulu Hippocrates mengatakan bahwa obat terbaik manusia adalah berolahraga. Entah mengapa pesan itu tidak dijalankan oleh manusia.

Lord menegaskan bahwa sudah banyak dibuktikan bahwa berolahraga secara rutin memberikan kesempatan hidup lebih panjang pada tubuh. Ini merupakan solusi yang paling mudah untuk tetap awet muda dan sehat.

Profesor Stephen Harridge, direktur Centre of Human & Aerospace Physiological Sciences di King’s College London, menyebutkan bahwa pesepeda itu menjadi sehat karena berolahraga dengan porsi berlebih sepanjang hidupnya. Wajar saja sebenarnya, seseorang harus melakukan kegiatan dan bila terhenti akan memperburuk kesehatan. (psr)



Source link