Beranda Health Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

27
0
BERBAGI


Liputan6.com, Jakarta Moms! Membantu membangun rasa percaya diri si kecil merupakan tugas penting sebagai orang tua. Rasa percaya diri ini dipercaya mampu menjadi jembatan terbaik untuk penunjang keberhasilan si kecil. 

Namun, percaya diri bukanlah sifat yang bisa diturunkan langsung dari orang tua kepada anak. Untuk bisa memiliki sifat percaya diri, si kecil harus diajarkan sejak dini. Cara-cara berikut ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan diri si kecil. 

1. Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Si Kecil

Kasih sayang merupakan hal terpenting untuk meningkatkan kepercayaan diri si kecil. Dengan memberikan rasa sayang, si kecil pun merasa aman sehingga membuat mereka menjadi lebih percaya diri saat berada di lingkungan sekitar.

2. Sediakan Waktu Untuk Dihabiskan Bersama

Luangkan waktu Anda untuk si kecil minimal 15 menit sehari. Dengan meluangkan waktu Anda akan mengetahui aktivitas si kecil serta Anda dapat memberikan masukan dan pujian untuk apa yang dilakukannya.

3. Hindari Membandingkan Dengan Anak Lainnya

Membandingkan si kecil dengan anak lainya dapat membuat hilang atau menurunnya tingkat kepercayaan diri si kecil. Untuk itu, hindari untuk membandingan segala kekurangan atau kelebihan si kecil.

4. Beri Anak Kesempatan Memilih dan Mengambil Keputusan

Meskipun masih terbilang belia, bukan berarti Anda tidak bisa memberikan kepercayaan pada anak. Justru kepercayaan yang diajarkan sejak dini akan menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri mereka. Kepercayaan ini bisa ditunjukkan dengan cara memberikan komentar dan dorongan yang positif setiap anak ingin mengutarakan masalah atau pertimbangan mereka serta membiarkan anak mengambil keputusan dan bertanggung jawab dengan pilihannya.

5. Berikan Semangat dan Motivasi

Semangat dan motivasi menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan anak ketika mereka akan melakukan sesuatu. Semangat dan motivasi dari orang tua tentunya akan membangkitkan keberanian dan rasa percaya diri pada anak.

Selain mengajarkan sifat percaya diri semenjak dini, Anda harus memperhatikan gizi baik untuk membantu si kecil tumbuh sehat dan percaya diri. Memang apa hubungannya sih? Melalui asupan nutrisi yang baik, kondisi mental si kecil akan lebih baik, kecemasan berkurang, meningkatkan mood dan selanjutnya akan membantu anak merasa lebih baik tentang dirinya dan menjadi lebih percaya diri.

Untuk itu, lengkapi nutrisi si kecil dengan memberikannya MINUTE MAID NUTRIFORCE yang diformulasikan khusus untuk melengkapi 1/3 nutrisi yang dibutuhkan si kecil*.

 

*Vitamin B12, C, E dan Zink

 

Powered by:

MINUTE MAID NUTRIFORCE



Source link