Beranda Health Lakukan Pemberian MPASI dengan Pola Sebagai Berikut

Lakukan Pemberian MPASI dengan Pola Sebagai Berikut

20
0
BERBAGI


Lakukan Pemberian MPASI dengan Pola Sebagai Berikut (Depositphotos)

AURA.CO.ID – Agar Anda tidak galau tentang cara memberi makanan yang mengandung alergen, Akademi Pediatri Amerika menyarankan pola pemberian MPASI sebagai berikut.

– Memberi hanya ASI saja pada 6 bulan pertama cara terbaik untuk melindungi anak dari alergi. ASI perlindungan pertama bagi daya tahan tubuh anak dari segala penyakit.

– Telur dan kacang-kacangan termasuk dalam bentuk selai boleh diperkenalkan sejak anak berusia 4 hingga 6 bulan. Tentu saja bayi mengonsumsinya dalam bentuk ASI, sehingga ibulah yang memakan telur dan kacang-kacangan. Jika anak tidak menunjukkan reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, dan sesak napas, berarti Anda tak perlu segan memasukkan telur dan kacang-kacangan ke dalam menu MPASI.

– Makanan berbasis susu, gluten, ikan-ikanan, dan kacang-kacangan pohon—kenari, almon, mete—diperkenalkan di masa awal MPASI yakni usia 6 hingga 9 bulan. Pemberian gluten di masa ini akan menekan risiko anak mengalami celiac, penyakit autoimun yang membuat tubuh menganggap gluten sebagai zat berbahaya. Bahkan studi yang dimuat Jurnal Diabetes Care pada Januari 2018 menyebut, anak-anak yang baru diperkenalkan kepada gluten setelah usia 9 bulan menunjukkan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 1 ketimbang mereka yang diperkenalkan sejak awal masa MPASI.

(riz / gur)



Source link