Home Health OKEZONE WEEK-END: Sudah Niat Diet? Yuk Simak Aturan Mainnya Menurut Ahli Gizi...

OKEZONE WEEK-END: Sudah Niat Diet? Yuk Simak Aturan Mainnya Menurut Ahli Gizi : Okezone Lifestyle

11
0
SHARE


SERANGKAIAN masalah yang dihadirkan dari berat badan yang berlebih memang merepotkan. Terlebih ketika harus mencari pakaian, ukuran jumbo seringkali tidak tersedia ditiap toko baju. Akibatnya, orang-orang dengan bobot tubuh lebih harus lebih berusaha lagi untuk menemukan model yang ia inginkan tapi dengan ukuran yang pas.

Baca Juga:

Bagi sebagian orang, ketika memiliki masalah dengan berat badan berlebih, solusi yang terlintas dalam benak mereka pastilah diet. Diet jadi solusi utama yang terpikirkan ketika mereka sudah tidak nyaman lagi dengan keadaan tubuh yang terus membesar.

Namun, tahukah Anda jika kita tidak boleh sembarang diet? Sebab, diet yang dilakukan secara sembarang nyatanya justru dapat menimbulkan masalah baru. Diet Keto misalnya, banyak memang yang berhasil menurunkan berat badan dengan metode ini, tapi cocokkah dengan tubuh Anda? Sehatkah jika Anda juga turut serta mengikuti metode tersebut? Untuk itu, jalan yang paling aman ketika memutuskan untuk diet, lebih baik hubungi pihak-pihak yang berkompeten dibidangnya. Agar badan tidak hanya ideal namun juga sehat.

“Jika ingin diet, dietlah dengan seimbang. Artinya, pilihlah karbohidrat kompleks, yang dimaksud dengan karbohidrat kompleks tersebut ialah asupan yang dikonsumsi harus terdari atas protein dan lemak yang baik,” ucap Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., Ahli Gizi, ketika diwawancarai Okezone, dalam sebuah kesempatan di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2017).

Akan tetapi, pemilihan dari protein yang dikonsumsi pun tidak boleh asal. Lebih lanjut, Dr. Sam begitu sapaan akrabnya, menyatakan orang yang memutuskan untuk  diet lebih baik mengonsumsi protein hewani, karena memiliki kualitas yang lebih baik dibanding protein nabati.  Protein hewani bisa didapatkan dari daging, ayam, ikan, atau telur.

“Seseorang yang ingin diet, lebih baik konsumsi protein hewani, mengapa? Karena protein hewani memiliki kualitas lebih baik dibanding protein nabati yang terdapat dalam tumbuhan,” ucapnya.

Lemak pun unsur yang tidak kalah penting yang harus dipenuhi oleh orang yang sedang diet. Lagi-lagi lemak tidak boleh asal konsumsi. Seorang yang sedang diet harus memilih lemak yang sehat.

“Kemudian ada lemak, namun konsumsilah lemak yang sehat, seperti asam lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam ikan. Orang yang diet harus banyak mengonsumsi ikan laut dalam. Selain itu, ada asam lemak tak jenuh tunggal, misalnya alpukat, olive oil, kacang-kacangan, dan canola oil, sementara untuk pembentukan energi sebaiknya pilih Virgin Coconut Oil (VCO),” ucapnya.

Ikan laut dalam yang dianjurkan oleh Dr. Sam pun ternyata tidak boleh asal olah. Ikan sebaiknya dimasak dengan cara dibakar, kukus, pepes, rebus, panggang, dan jangan digoreng. Sedangkan, untuk hal yang tidak boleh dilakukan ketika diet, Anda harus menghindari makan yang tidak seimbang, seperti hanya makan lemak saja, atau protein saja, pun karbohidrat saja.

Baca Juga:

Santap Banyak Pie, Cara Aktor Hollywood Christian Bale Naikkan Berat Badan
Lakukan Olahraga Ekstrem, Gadis Ini Alami Kondisi Tubuh yang Membahayakan

“Yang tidak boleh dilakukan ialah Anda makan tidak seimbang, contoh Anda hanya makan lemak saja. Serta yang paling tidak boleh ialah skip jam makan, mengapa? Karena ketika kita skip jam makan, metabolisme tubuh akan berkurang,” tandasnya.



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here