Beranda Health Dinkes Kota Bogor: Ayo Jalani Hidup Sehat

Dinkes Kota Bogor: Ayo Jalani Hidup Sehat

16
0
BERBAGI


POJOKJABAR.com, BOGOR – Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan besar di bidang kesehatan. Indonesia sedang menghadapi apa yang disebut triple burden.

Hal itu terjadi karena saat ini telah berkembang penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan munculnya kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Di era 1990, penyakit menular seperti ISPA, tuberkulosis dan diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. Namun belakangan ini telah terjadi pergeseran pola penyakit atau transisi epidemiologi.

Pada tahun 2015 misalnya, PTM seperti stroke, jantung koroner, kanker dan diabetes justru menduduki peringkat tertinggi dalam pelayanan kesehatan. Meningkatnya PTM seperti itu merupakan akibat dari perubahan gaya hidup yang terjadi di masyarakat.

Di era jaminan kesehatan nasional (JKN) seperti sekarang, banyak anggaran terserap hanya untuk membiayai penyakit katastropik seperti jantung koroner, gagal ginjal kronik, kanker, dan stroke.

Selain itu, pelayanan kesehatan peserta JKN juga didominasi pada pembiayaan kesehatan di tingkat lanjut dibandingkan di tingkat dasar. Kecenderungan ini perlu ditangani karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara.

 

 

Meningkatnya PTM sesungguhnya dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia. Hal ini berdampak pula pada besarnya beban pemerintah karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar. Pada akhirnya, kesehatan akan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi.

Penduduk usia produktif dengan jumlah besar yang seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan, justru akan terancam apabila kesehatannya terganggu oleh PTM dan perilaku yang tidak sehat. Untuk menyikapi kecenderungan berkembangnya fenomena tersebut, Kementerian Kesehatan RI mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Ini merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup masing-masing.




Source link