Beranda Health 5 Cara Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok Berlebihan : Okezone Lifestyle

5 Cara Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok Berlebihan : Okezone Lifestyle

12
0
BERBAGI




JAKARTA – Memiliki rambut yang sehat, kuat, dan lebat adalah impian semua orang. Akan tetapi, ada banyak hal yang bisa membuat rambut mudah patah dan rontok sehingga lama-lama menipis. Jika Anda sudah terlanjur mengalaminya, Anda pasti sedang berpikir keras mencari cara menumbuhkan rambut dengan cepat dan aman. Jangan tutup dulu laman artikel ini, karena kami akan membagikan rahasianya.

Kenapa rambut bisa rontok?

Rambut terbuat dari keratin, protein khusus yang diproduksi dalam akar rambut (folikel). Setiap kali folikel memproduksi sel rambut yang baru, sel rambut yang lama akan terdorong keluar dari lapisan kulit kepala. Rambut yang bisa Anda lihat saat ini di kepala sebenarnya adalah kumpulan untaian sel keratin yang sudah mati.

Kerontokan rambut paling umum disebabkan oleh stres emosional dan stres fisik yang terima tubuh dari paparan radikal bebas dari polusi lingkungan. Rambut juga rentan rontok ketika Anda sakit (misalnya demam tinggi), setelah melahirkan, berhenti menggunakan pil KB, mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, hingga pemulihan pascaoperasi.

Tips menumbuhkan rambut dengan cepat

Kerontokan rambut pada umumnya bersifat sementara, dan merupakan cara tubuh untuk menyesuaikan diri akibat pengaruh faktor-faktor tersebut. Pertumbuhan rambut akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh, biasanya dalam waktu 6 hingga 9 bulan.

Meskipun sejauh ini tidak ada metode instan yang bisa membuat rambut Anda lebat dalam semalam, tetapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat.

1. Mencukupi kebutuhan vitamin

Cara menumbuhkan rambut yang paling terjamin efektif adalah dengan memastikan Anda makan makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Beberapa zat gizi dalam makanan yang dapat membantu mengurangi rambut rontok, yaitu:

Omega 3 dan 6

Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond; ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden; buah dan sayuran hijau semisal alpukat dan bayam merupakan beberapa contoh sumber asam lemak omega-3. Sementara omega-6 lebih banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan mede.

Anda juga bisa mencukupi kebutuhan asam lemak esensial tubuh lewat asupan suplemen. Penelitian yang dilakukan pada 120 wanita menyatakan bahwa kelompok yang mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung omega 3 dan 6 cenderung mengalami kerontokan rambut yang lebih sedikit.

B5 dan biotin

Asupan biotin membantu memelihara rambut tetap sehat, kuat, tebal, dan halus bercahaya. Sumber makanan kaya biotin termasuk kuning telur, kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, kacang polong, dan almond), keju, hingga ubi jalar.

Selain didapat lewat makanan segar, biotin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B5 dan biotin mampu menurunkan kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut.

Vitamin C

Selain terkenal karena manfaatnya yang menjaga stamina tubuh, efek antioksidan vitamin C juga dapat membantu menjaga kekuatan dan kilau alami rambut. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen rambut. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk dan nanas, atau dari suplemen.

2. Mengoleskan minyak esensial pada rambut

Studi yang dilakukan pada sekelompok pria berambut rontok membuktikan bahwa meneteskan minyak biji labu ke dalam sampo bisa meningkatkan ketebalan rambut hingga 40 persen. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba untuk mendapatkan manfaat menumbuhkan rambut secara alami.

Minyak esensial lainnya yang juga memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut yaitu minyak rosemary dan peppermint. Perlu diingat, hindari meneteskan minyak esensial ke kulit secara langsung. Anda wajib mengencerkan minyak esensial dengan minyak lain, umumnya minyak zaitun, untuk menghindari iritasi.

Minyak lain yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan berbarengan dengan minyak esensial yakni minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

3. Mengonsumsi suplemen keratin

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi 500gr suplemen yang mengandung keratin dan mineral lainnya mengalami peningkatan kualitas kesehatan rambut seperti:

-Menurunkan rambut rontok sebanyak 12,5 persen

-Meningkatkan kekuatan rambut sebesar 5,9 persen

-Meningkatkan kilau rambut

4. Mengonsumsi protein

Protein membantu rambut Anda tumbuh dengan sehat membuatnya terlindung dari kerusakan akibat produk kimia dan polusi lingkungan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, yoghurt dan makanan lainnya. Cara lainnya Anda juga bisa merawat rambut dengan minyak kelapa. Minyak kelapa membantu mengurangi protein rambut yang hilang saat sebelum maupun sesudah pencucian.

5. Menggunakan salep topikal

Penggunaan salep topikal biasanya dikhususkan untuk orang yang mengalami kerontokan rambut yang parah dan alopecia. Studi menunjukkan bahwa produk ini efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Beberapa jenis salep topikal yang biasanya digunakan yaitu:

-Melatonin topikal dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut

-Minoxidil topikal 5 persen mampu memperlambat kerontokan rambut

-Propecia

-Sampo ketoconazole

Penggunaan salep topikal untuk menumbuhkan rambut sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter. Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter untuk mengecek riwayat kesehatan dan alergi sebelum akhirnya menggunakan produk ini.



Source link