Beranda Health Dinkes Depok Sweeping Pemberian Vitamin A ke Rumah Warga

Dinkes Depok Sweeping Pemberian Vitamin A ke Rumah Warga

21
0
BERBAGI


Dinkes Pemkot Depok akan menargetkan 100 persen anak diberi vitamin A.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Pastikan pemberian vitamin A merata, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pekot) Depok melakukan sweeping ke rumah warga. Hal itu dilakukan guna memenuhi pencapaian pemberian Vitamin A. Sweeping tersebut untuk memastikan setiap anak usia enam hingga 59 bulan sudah memperoleh Vitamin A.

“Agar capaian pemberian Vitamin A ini dapat maksimal, dilakukan sweeping ke rumah warga. Karena saat pelaksanaan posyandu tidak semua warga datang membawa anaknya,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti, di Balai Kota Depok, Rabu (14/2).

May menuturkan, jika saat sweeping ditemukan warga yang balitanya belum memperoleh Vitamin A, maka pihaknya segera memberikan kapsul Vitamin A. Pemberian disesuaikan dengan usianya, untuk enam tahun hingga 11 bulan diberikan Vitamin A dengan dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu tahun hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

Selain dilakukan sweeping, lanjut May, tenaga kesehatan maupun kader posyandu juga memberikan penyuluhan kepada orang tua untuk memahami pentingnya pemberian Vitamin A. Dengan begitu, diharapkan orang tua akan tahu saat pelaksanaan bulan Vitamin A yaitu Februari dan Agustus agar segera mengunjungi posyandu.

“Kami juga memberikan penyuluhan kepada para orangtua agar mereka betul-betul mengerti dan memahami tentang pentingnya Vitamin A. Kapsul Vitamin A bisa diminta di posyandu secara gratis,” terang May.

Dinkes Pemkot Depok akan menargetkan 100 persen anak diberi vitamin A. “Pemberian Vitamin A dilakukan dengan maksud untuk memberikan asupan lebih dalam meningkatkan daya tahan tubuh pada balita,” tegas Kepala Dinkes Pemkot Depok, Noerzaanti Lies Karmawati.

Menurut Lies, pemberian Vitamin A dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan posyandu. Untuk jadwalnya sesuai dengan pelaksanaan posyandu di masing-masing wilayah. Vitamin A didistribusikan melalui puskesmas setempat. “Vitamin ini diberikan selama satu bulan penuh, pelaksanaannya tergantung jadwal Posyandu, karena masing-masing wilayah berbeda,” ucapnya.

Dia menambahkan, diharapkan melalui pemberian vitamin A tersebut seluruh balita di Kota Depok dapat memperoleh asupan vitamin tambahan. “Agar daya tahan tubuh anak di Depok dapat semakin meningkat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit,” ujar Lies.



Source link