Beranda Health Sering Sulit Tidur? Ini Solusinya Menurut Riset

Sering Sulit Tidur? Ini Solusinya Menurut Riset

15
0
BERBAGI


KOMPAS.com — Susah tidur atau insomnia adalah pengalaman yang hampir dialami oleh semua orang. Survei meyebutkan, 40 persen orang dewasa Amerika mengalami sulit tidur beberapa kali dalam satu bulan.

Alasan paling umum adalah ketidakmampuan berhenti memikirkan sesuatu, termasuk mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Untuk mengatasi hal ini, ilmuwan Amerika mencoba menghubungkan sulit tidur dengan menulis. Temuan yang dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology pada Oktober 2017 itu menunjukkan bahwa menulis jurnal selama 5 menit sebelum tidur akan menjadi solusi yang efektif.

Baca juga: Benarkah Kurang Tidur Picu Depresi? Sains Menjelaskan

Para peneliti menyarankan tulisan yang dibuat bukan tentang hal yang dialami seharian. Melainkan apa yang akan dilakukan esok pagi.

Dalam abstrak makalah, ilmuwan dari Uiversitas Baylor dan Universitas Emory, AS, melakukan uji coba pada 57 orang dewasa berusia 18-30 tahun. Mereka diminta untuk menulis  selama 5 menit.

Michael Scullin dan timnya membuat dua kelompok dalam penelitian. Mereka ditugaskan secara acak untuk menulis kegiatan yang harus diselesaikan dalam beberapa hari kemudian atau menulis kegiatan yang sudah dilakukan dalam beberapa hari sebelumnya.

Hasil temuannya membuktikan bahwa kelompok yang menuliskan rencana kegiatan beberapa hari ke depan secara signifikan lebih cepat tertidur daripada mereka yang menuliskan daftar kegiatan yang sudah dilakukan.

“Semakin spesifik peserta menulis daftar kegiatan yang akan dilakukan, semakin cepat mereka tertidur. Sedangkan hal sebaliknya terjadi pada peserta yang menulis kegiatan yang sudah diselesaikan,” tuis tim peneliti dalam abstrak mereka.

Dalam mengamati pola tidur, peneliti menggunakan rekaman polysomnography di laboratorium tidur.

“Ini adalah hal kecil yang bisa dilakukan orang pada malam hari agar lebih cepat tertidur,” ujar Michael Scullin, ilmuwan psikologis dan peneliti tidur dari Universitas Baylor, seperti dilansir dari Psychology Today, Jumat (12/1/2018).

Baca juga : Ternyata, Belajar Bahasa Asing Bisa Dibantu Dengan Tidur

Penelitian yang dibuat Scullin dan timnya mengembangkan penelitian sebelumnya yang mengungkap bahwa menulis daoat mengurangi kecemasan dan menulis sebelum tidur juga dapat membuat tidur nyenyak.

Dengan menulis hal-hal yang dipikirkan sebelum tidur, hal itu akan membantu untuk mengurangi kekhawatiran. Terutama hal-hal yang belum diselesaikan atau dilakukan.

Sehingga masuk akal jika hal ini membuat kita lebih tenang dan dapat segera tidur. Selamat mencoba.



Source link