Home Health Waspadai 4 Penyakit yang Ditularkan oleh Hewan Peliharaan Anda : Okezone Lifestyle

Waspadai 4 Penyakit yang Ditularkan oleh Hewan Peliharaan Anda : Okezone Lifestyle

5
0
SHARE




HEWAN peliharaan menjadi kegemaran beberapa orang belakangan ini. Tingkah lucu dan menggemaskan hewan-hewan ini terkadang membuat kita lupa saat bermain dengan mereka. Namun, disadari atau tidak, terdapat berbagai jenis penyakit yang bisa ditularkan melalui virus yang ada pada hewan tersebut.

Terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menular baik pada hewan maupun manusia, misalnya toxoplasma dan rabies. Toxoplasma adalah salah satu penyakit infeksi parasit yang paling sering ditularkan oleh kucing. Sedangkan rabies merupakan penyakit yang paling ditakuti karena penularannya melalui gigitan dan dapat menyebabkan kematian.

Dengan hal ini, pencegahan adalah hal yang dilakukan jika tak ingin terpapar oleh penyakit yang disebabkan oleh hewan. Nah, Okezone pun merangkum cara pencegahan tertular penyakit yang disebabkan oleh. Berikut penjelasannnya.

Rabies

Tak hanya anjing, hewan liar seperti kelelawar juga bisa menyebabkan rabies meskipun hanya dengan gigitan kecil. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vaksin terhadap anjing, kucing, serta hewan ternak. Bagi Anda yang menemukan kelelawar di dalam rumah, segera usir sebelum mengalami hal yang tidak diinginkan. Ajarkan juga anak Anda untuk tidak sembarangan mengadopsi hewan liar meskipun tampak ramah. Agar tidak tertular rabies dari hewan liar, jagalah hewan peliharaan di bawah pengawasan dengan menggunakan tali untuk meminimalkan kontak dengan hewan liar.

Toxoplasma

Toxoplasma biasanya ditemukan pada kotoran hewan. Hindari memegang langsung kotoran baik sengaja maupun tidak karena bisa menyebabkan kontaminasi toxoplasma. Jika memegang kotoran kucing tanpa sengaja, segera cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Membersihkan kotoran hewan peliharaan wajib untuk menggunakan sarung tangan guna menghindari tertularnya virus ini.

Mers

Mers adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus korona. Virus ini diketahui berasal dari unta yang tinggal di Arab dan sekitarnya. Penularan penyakit ini melalui kontak langsung dengan penderita mers. Nah, cara terbaik agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun, menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin, dan menghindari menggunakan peralatan makan yang telah dipakai oleh penderita mers.

Flu Burung

Kekhawatiran akan terjangkitnya virus flu burung menjadi polemik di masyarakat. Cara penanganan yang tepat untuk menghindari flu burung adalah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan kontak langsung dengan unggas. Memberikan vaksinasi dan tidak menyembelih serta memakan unggas yang sakit atau mati merupakan tindakan yang tepat supaya tidak terinfeksi virus tersebut.

(ren)



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here