Beranda Health Ahli Bedah Ketahuan Bubuhkan Inisial Nama di Organ Pasien

Ahli Bedah Ketahuan Bubuhkan Inisial Nama di Organ Pasien

30
0
BERBAGI


BIRMINGHAM – Seorang dokter ahli bedah transplantasi didakwa oleh Pengadilan Kota Birmingham, Inggris, pada Rabu (13/12) karena melakukan “penyerangan” setelah ia membubuhkan inisial namanya pada organ dua pasiennya saat melakukan bedah transplantasi.

“Simon Bramhall mengaku dua dakwaan serangan dengan pemukulan terkait dengan insiden pembubuhan inisial namanya saat melakukan operasi transplantasi organ hati pada 9 Februari dan 21 Agustus 2013,” demikian pernyataan Pengadilan Kota Birmingham.

Untuk menghentikan perdarahan saat transplantasi organ hati, limpa, dan pankreas, dokter bedah menggunakan alat gas argon yang menimbulkan tanda pada organ. Alat ini tak merusak fungsi organ dan biasanya tanda ini akan hilang dengan sendirinya. Bramhall menggunakan alat ini untuk membubuhkan inisial “SB” pada organ pasiennya.

Sayangnya, tanda inisial pada organ salah seorang pasien Bramhall tidak hilang dan hal ini ditemukan oleh dokter bedah rekan Bramhall saat ia melakukan operasi lanjutan. Atas tindakan yang tercela itu, saat ini Bramhall diberikan jaminan tanpa syarat dan pengadilan akan menjatuhkan hukuman pada 12 Januari mendatang.  SCMP/I-1



Source link