Home Health Kader Jumantik Perangi DBD – SatelitPost

Kader Jumantik Perangi DBD – SatelitPost

16
0
SHARE


istimewa

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Sejumlah perwakilan anggota Pramuka Gugus Depan SMP IT Permata Hati Banjarnegara dilantik menjadi Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) sekolah oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Jumat (3/11).

Jumantik merupakan petugas lapangan yang bertugas memantau jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ada di sekitar lingkungan masyarakat maupun sekolah.

Aep Kusmana selaku Kasie Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Banjarnegara mengemukakan pentingnya peran kader Jumantik sekolah. “Kader Jumantik Sekolah hadir sebagai solusi pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD di lingkungan sekolah, sehingga harapannya jumlah penyakit DBD menjadi menurun di Banjarnegara,” katanya.

Berbeda dengan siklus penyebaran penyakit malaria yang dibawa nyamuk Anopeles saat malam hari, penyakit DBD dibawa oleh nyamuk Aedes aegepty saat pagi dan siang hari.

Muhamad Al Akhyar Kepala Sekolah SMP IT Permata Hati Banjarnegara sekaligus Kamabigus menyatakan keseriusannya dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD.  SMP IT Permata Hati yang berada di antara kawasan endemi DBD, yaitu Kecamatan Madukara, harus menjadi garda terdepan dalam ikut serta menyukseskan program Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara mengenai pencegahan penyakit menular, yaitu DBD.

“Tinggal selama 24 jam di lingkungan asrama dan sekolah, maka Kader Jumantik Sekolah  menjadi pioner dalam memberantas jentik nyamuk DBD di lingkungan tempat tinggal siswa kita,” katanya. (oelsatriapos@yahoo.com)

Komentar

komentar



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here