Beranda Entertainment Titi Qadarsih Meninggal, Begini Fase Penyebaran Kanker Usus

Titi Qadarsih Meninggal, Begini Fase Penyebaran Kanker Usus

26
0
BERBAGI

[ad_1]

TEMPO.CO, Jakarta – Titi Qadarsih meninggal pada Senin, 22 Oktober 2018, karena sakit kanker usus stadium lanjut. Penyakit itu baru diketahui oleh keluarga setelah wanita berusia 73 tahun itu menjalani operasi.

Baca juga: Titi Qadarsih Meninggal, Waspada 11 Faktor Risiko Kanker Usus Ini

“Kanker usus ketahuan setelah operasi minggu lalu. Diagnosa pertama masih menebak-menebak. Dokter sendiri belum bisa bilang tapi ada penyumbatan. Dioperasi untuk diambil jaringan, positif kanker sudah menyebar. Tidak bisa diambil apapun, kecuali buat mama merasa nyaman,” tutur Indra Qadarsih di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Oktober 2018.
Seorang anggota keluarga menunjukan foto semasa hidup almarhumah Titi Qadarsih di rumah duka di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin, 22 Oktober 2018. ANTARA/Muhammad Iqbal
Menurut lembaga kesehatan dunia, WHO, kanker usus atau kanker kolorektal adalah jenis kanker kedua yang paling umum menyerang pria dan wanita setelah kanker paru-paru. Kanker usus cenderung mempengaruhi pria dan wanita di atas usia 50 tahun dengan cara yang sama. Namun, pria cenderung terkena risikonya pada usia yang lebih muda.

Stadium kanker menentukan seberapa jauh penyebarannya pada tubuh, sekaligus dapat menentukan tahapan perawatan yang paling tepat. Tahapan kanker usus adalah sebagai berikut:

Stadium 0
Ini adalah tahap paling awal, ketika kanker masih berada di dalam mukosa (lapisan dalam) dari usus besar atau rektum. Ini juga disebut karsinoma in situ.

Stadium 1
Kanker telah tumbuh pada lapisan usus besar atau rektum, tetapi belum menyebar ke luar dinding rektum.

Stadium 2
Kanker telah tumbuh melalui atau ke dinding usus besar atau rektum, tetapi belum mencapai kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium 3
Kanker telah menyerang kelenjar getah bening di dekatnya, tetapi belum mempengaruhi bagian lain dari tubuh.

Baca juga: Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diobati, Ini Penjelasan Ahli

Stadium 4
Kanker usus telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, termasuk organ lain, seperti hati, selaput yang melapisi rongga perut, paru-paru atau indung telur.

TABLOIDBINTANG | MEDICALNEWSTODAY | MAYOCLINIC

[ad_2]

Source link